0 0
Read Time:2 Minute, 55 Second

JAKARTA – Salah satu program studi yang banyak diminati mahasiswa adalah program gelar ganda. Program ini memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar akademik sekaligus dalam satu masa studi.

Kedua gelar akademik ini dapat diperoleh di universitas dalam dan luar negeri. Ketika mahasiswa lulus, mereka akan memiliki satu gelar domestik dan satu gelar internasional.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa jika berhasil lulus dengan gelar ganda, diantaranya adalah gelar ganda, mampu bersaing di kancah internasional, mengetahui disiplin ilmu pendidikan asing, hingga dapat lebih mudah berkarir di perusahaan multinasional; memperluas hubungan, memupuk kreativitas dan banyak lagi.

Tak heran jika mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar ganda harus melewati serangkaian tes dan persyaratan tertentu dan tidak semua universitas di Indonesia menawarkan program gelar ganda. 

Baru-baru ini BINUS University bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran meluncurkan 3 program magister double degree. Ketiga program tersebut adalah Magister Ekonomi Digital, Magister Bisnis Perikanan Digital, dan Magister Teknologi Digital Kelautan.

Peresmian ketiga program tersebut melalui upacara luring yang dilakukan oleh Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE dan Rektor BINUS University, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jatinangor, pada Selasa, 25 Juli 2013.

“Merupakan kehormatan bagi BINUS University untuk berkolaborasi dengan Universitas Padjadjaran dalam bentuk program magister tiga jenjang. Hal ini sesuai dengan MoU yang telah ditandatangani sebelumnya dengan Unpad. “Bentuk kajian BINUS University ini untuk menjawab kebutuhan akan digital masyarakat berbasis pendidikan,” kata Prof Harjanto dalam keterangannya yang dikutip pada hari Sabtu 29 Juli 2023 

Menurut Prof Harjanto, Prof Rina Indiastuti juga menyetujui ketiga program Magister tersebut. Ia berharap dengan hadirnya program Magister Dual Degree ini dapat berkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik di kawasan ekonomi biru.

“Kami berharap kehadiran Program Magister Ganda Magister ini dapat mendukung penguatan pemerintahan khususnya ekonomi biru, menyiapkan sumber daya manusia yang ahli di bidang perikanan dan kelautan. Tidak hanya di bidang perikanan, tetapi juga dalam menghadapi transformasi digital ,” kata Prof Rina

Di BINUS University akan terdapat tiga program yang dikoordinasikan oleh BINUS Graduate Program yang menawarkan program magister atau master. Siswa akan memperoleh gelar ganda yang dapat memberikan lebih banyak peluang karir setelah lulus. Keunggulan masing-masing program adalah sebagai berikut:

Magister Ekonomi Digital Program studi gelar ganda empat tahun ini menggabungkan ekonomi terapan dan pengetahuan data dari bidang teknologi informasi.

Di sini mahasiswa dapat mempelajari seluk beluk machine learning, deep learning, Internet of Things, perspektif makro dan mikro ekonomi digital, serta strategi industri digital. Setelah menyelesaikan gelar pascasarjana M.E. mereka layak mendapatkannya. dan M.Kom.

Magister Bisnis Digital Perikanan Tidak jauh berbeda dengan program studi Magister Ekonomi Digital, Magister Bisnis Digital Perikanan juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari inovasi digital dalam konteks ekonomi industri perikanan dan ekobiologi kelautan.

Bedanya, program double degree Master of Business bidang perikanan memadukan strategi bisnis dengan analisis dan statistik. Di akhir program dua tahun ini, mahasiswa akan mendapatkan gelar M.Kom. dan M.Pi. menyelesaikan tesis penelitian.

Magister Teknologi Digital Kelautan Dari ketiga program studi yang ditawarkan BINUS University dan Unpad, program Magister Teknologi Digital sangat erat kaitannya dengan isu perubahan iklim. Di sini, mahasiswa akan mendalami konsep transformasi digital, hukum konservasi laut internasional, kompleksitas keanekaragaman hayati laut, dan ekonomi konservasi.

Kemudian setiap orang akan mengumpulkan pengetahuan ini untuk diterapkan dalam konteks manajemen risiko, polusi, pengelolaan, perubahan iklim, mitigasi, dan penginderaan jauh. Lulusan program ini akan memperoleh gelar M.Kel. dan M.Kom., untuk semua mata kuliah wajib, dengan tesis, dalam waktu dua tahun. Dampak Judi Online, Pelajar di Palopo Curi Rp. dianrakyat.co.id.co.id 24 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D