0 0
Read Time:1 Minute, 59 Second

Medan – Universitas Sumatera Utara (USU) kembali meraih penghargaan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023 dan dinobatkan sebagai lembaga berpredikat informatif. Tahun ini merupakan tahun ketiga berturut-turut USU menerima penghargaan tersebut sejak diketuai oleh Rektor Profesor Dr. Muryanto Amin, S.Sos, MSi.

Rektor USU Profesor Dr Murianta Amin, S.Sos, MSi didampingi Kepala Bagian Umum dan Protokol Amalia Meutio, MPSi, Psikolog menghadiri Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Selasa lalu , 19 Desember 2023.

Rektor USU Profesor Murianta Amin menerima penghargaan langsung dari Ketua Komisi Informasi Pusat (KI) Dr. Doni Yosgiantora, Wakil Presiden Republik Indonesia, H.H. Maruf Amin yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa lembaga pemerintah yang berpredikat informatif mengalami peningkatan dari tahun 2008 yang hanya berjumlah 15 lembaga pemerintah menjadi 139 pada tahun 2023.

Wakil Presiden KH Maruf Amin berharap penganugerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dapat menjadi motor penggerak untuk melanjutkan transformasi instansi pemerintah menjadi lebih terbuka sebagai wujud akuntabilitas publik.

Rektor USU Prof Muryanto Amin mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Pusat (KI) yang telah memberikan USU predikat informatif. Menurut rektor, keterbukaan informasi diperlukan agar USU dapat memenuhi kewajibannya berdasarkan hukum.

“Kami berupaya memberikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai saluran media. Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen USU dalam membangun transparansi dan penyediaan informasi yang akurat, cepat, dan mudah diakses,” kata Murianta dalam keterangannya, Jumat, 22 Desember 2023.

Sementara itu, Kabag Humas, Promosi dan Protokol, Amalia Meutia, MPSI, seorang psikolog, bersyukur atas penghargaan yang diterimanya. Gelar bergengsi tersebut mampu diraih USU selama tiga tahun berturut-turut. “Poin yang diperoleh juga semakin meningkat setiap tahunnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, hal ini menunjukkan konsistensi dan progresivitas PPID UGU dalam memberikan layanan informasi publik. “Jelas hasil terbaik ini diraih berkat persiapan jangka panjang, kerja keras tim humas dan kerja sama dengan departemen lain di universitas dalam memastikan ketersediaan data yang diperlukan selama e-monev KIP.” juga luar biasa dalam mendukung pencapaian ini,” tegasnya.

Ketua Komisi Informasi Pusat Doni Yusgiantora dalam laporannya menyatakan, pada tahun 2023, dari 369 lembaga negara, 139 akan memenuhi syarat sebagai lembaga informasi. Kemudian 43 lembaga negara memenuhi syarat informatif, 13 cukup informatif, 27 kurang informatif, dan 147 tidak informatif.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Selamat Datang di HUT ke-73 Sandy Humas: Mitra Strategis Polri Departemen Humas Polri menggelar pertemuan dengan para jurnalis yang sehari-hari meliput peristiwa di Mabes Polri. dianrakyat.co.id.co.id 12 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D