0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Para lansia yang melakukan perjalanan jauh seperti haji disarankan untuk tidak minum kopi atau minuman dingin saat perut kosong. Ahli gizi lulusan Universitas Indonesia, Dr. Dr. Luciana B, Sutanto, MS. SpGK. (K) mengatakan, hal itu untuk mencegah sakit perut pada lansia.

“Jangan minum kopi atau air es saat perut kosong, karena di sana panas, di sana perut sakit, makan cabai untuk tenaga sendiri, kalau sakit di sana, itu masalah,” kata Luciana dari Jakarta, Selasa. . , seperti dilansir ANTARA.

Ia mengimbau para lansia untuk tidak terlalu banyak minum air gula atau air mineral dengan garam. Kedua minuman ini bisa menimbulkan rasa haus berlebihan yang bisa berujung pada dehidrasi. Bawalah sebotol air 

Lucia menyarankan untuk selalu membawa botol air atau botol minum saat bepergian agar Anda tidak kesulitan mencari air untuk diminum dan tetap terhidrasi.

Luciana mengatakan, “Kalau bisa bawa botol kemana-mana saja, karena di situ susah cari air jadi tidak bisa diminum, kadang kalau mau beli air mineral atau susu botol, biasa saja tidak ada yang jual,” kata Luciana. . Pemeriksaan Kesehatan Luciana 

Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan selama perjalanan meskipun lansia dalam keadaan sehat. Penting juga untuk mendapatkan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan jauh untuk melindungi diri dari penyakit menular yang mungkin terjadi di tempat tujuan.

 

Luciana juga mengingatkan para lansia agar dalam menjaga kesehatannya jangan lupa membawa obat-obatan sehari-hari dan selalu menjaga kesehatan dengan membawa alat pemeriksaan kesehatan seperti alat tensi darah atau alat monitor gula darah.

Menurutnya, tetap perlu memeriksakan kesehatan saat bepergian ke luar negeri meski para lansia menilai dirinya baik-baik saja. Penting juga untuk mendapatkan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan jauh untuk melindungi terhadap penyakit menular yang mungkin terjadi di daerah tersebut.

 

Agar tetap aktif selama menunaikan ibadah haji, Luciana menyarankan umatnya mengusahakan tidur yang cukup. Bila perlu, konsultasikan ke dokter jika Anda sulit tidur agar dapat meminum obat yang tepat.

“Istirahatnya yang cukup, kalau capek jangan memaksakan diri, jangan malu-malu dorong, kalau ada alatnya bisa dibawa seperti tekanan darah, denyut nadi, darah. Obat cek gula, boleh diminum,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D