0 0
Read Time:2 Minute, 25 Second

dianrakyat.co.id – Cabang olahraga anggar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 resmi dimulai di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh pada Rabu, 11 September 2024.

Cabang olahraga anggar dibuka resmi oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Anggar Seluruh Indonesia (PB ASI) Agus Suparmanto.  

Turut hadir pula TD PON XXI Anggar Aceh-Sumut Hans Nayoan, Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar, Ketua Umum Pengprov ASI Provinsi Aceh Nasir Syamaun dan beberapa pengurus IKA.  

Agus Suparmanto usai membuka resmi cabang olahraga anggar kepada awak media mengatakan, gelaran PON bersama Aceh dan Sumut diharapkan bisa menjadi pemacu untuk melahirkan atlet-atlet anggar berbakat yang mampu bersaing di tingkat internasional.

“PON 2024 di Aceh dan Sumut akan menjadi ajang pemilihan atlet-atlet terbaik yang akan dikembangkan dan dilanjutkan ke ajang internasional. “Iya, PON ini diharapkan sangat istimewa karena baru pertama kali di Aceh dan saya juga melihat potensi dan semangat para atlet ini sangat tinggi dan motivasi yang kita berikan juga sangat tinggi,” kata Agus.

Agus juga menilai, lokasi Kompleks GOR Anggar di Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh sudah sangat bagus dan sudah berstandar internasional. 

“Saya melihat tempatnya sangat bagus dan saya berharap di seluruh Indonesia semua provinsi mempunyai tempat pemagaran serupa,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu atlet anggar Jawa Tengah, Witson Bastian Kusuma Negara, sudah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti ajang PON Aceh-Sumut.

“Ini PON pertama saya, jadi tujuan kami menjadi yang terbaik,” kata Whitson yang berlaga di EP tunggal putra.

Persiapan yang dilakukan atlet anggar asal Jawa Tengah ini sudah dimulai jauh sebelum PON Aceh-Sumut digelar. “Persiapan kita sudah matang sejak lama, bahkan mungkin Maret-September. Persiapannya sangat ketat hingga TC di luar negeri di Malaysia,” ujarnya.

“Kalau begitu mungkin kita bisa meminta atlet yang lebih tua untuk melakukan latihan ekstra juga.” Oleh karena itu, persiapan menghadapi pagar Jateng sangat baik dan kita berharap pada PON kali ini kita bisa meraih hasil yang baik, tutupnya.

Ketua Panitia Anggar PON Aceh-Sumut Zulfikar dalam laporannya merinci, cabang olahraga anggar PON XXI Aceh-Sumut akan dimulai pada 11 hingga 16 September 2024. 

Nomor yang dipertandingkan pada modalitas ini ada 12 nomor yaitu Floret Perorangan Putra/Putri, Degen Perorangan Putra/Putri, Sabel Perorangan Putra/Putri, Floret Beregu Putra/Putri, Degen Beregu Putra/Putri, dan Sabel Beregu Putra/Putri.

Pada kompetisi PON Aceh-Sumut, terdapat 26 kontingen yang akan memperebutkan medali di 12 nomor dengan peserta anggar 220 orang, 113 putra, dan 107 putri.  

Kontingen anggar yang diikuti 26 orang tersebut adalah: Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Jawa Kalbar , Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Bali, NTB dan Papua. Berbicara di Safari PON bersama Bobby Nasution, Plt Gubernur Sumut sempat menyampaikan hal tersebut. Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Sumut telah mendeklarasikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Sumut jelang Pilkada Serentak 2024. dianrakyat.co.id.co.id pada 24 Oktober 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D