0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

JAKARTA – Berikut 8 tips menghindari plagiarisme saat menulis tugas tertulis. Plagiarisme merupakan hal yang patut dihindari dalam dunia akademik, khususnya dalam penulisan tugas tertulis. Civitas akademika, termasuk mahasiswa, wajib menjaga tulisan aslinya. Artikel kali ini akan membahas 8 tips menghindari plagiarisme dalam menulis, simak ya

Mengutip Instagram @kemdikbud.ri, berikut delapan tips menghindari plagiarisme pada karya tulis:

1. Pelajari prinsip menulis yang baik

Mempelajari dan menunjukkan keterampilan menulis yang baik yang mampu mengungkapkan ide dengan kata-kata yang berbeda dari sumber yang digunakan. Keterampilan menulis yang buruk dapat menyebabkan plagiarisme yang tidak disengaja. Oleh karena itu, Anda harus menulis dengan kata-kata Anda sendiri.

2. Sertakan kutipan

Anda dapat memilih gaya penulisan, seperti APA, MLA atau Chicago. Menulis dapat disesuaikan dengan disiplin ilmu dan pembelajaran yang baik. Anda juga bisa menemukan contoh gaya penulisan di jurnal yang ada.

3. Tulis ulang dengan kata-kata Anda sendiri

Tulis tentang sumber yang Anda pilih dengan kata-kata Anda sendiri. Sebaiknya bandingkan dengan teks aslinya dan jangan lupa sertakan sumber aslinya.

4. Hindari manipulasi informasi

Saat menulis font, jangan mengubah informasi sumber aslinya, termasuk teks, grafik, gambar, musik, atau video

Tulis tentang sumber yang Anda pilih dengan kata-kata Anda sendiri. Sebaiknya bandingkan dengan teks aslinya dan jangan lupa sertakan sumber aslinya.

5. Minta izin untuk menggunakan teks tersebut

Jika Anda menggunakan sebagian besar teks orang lain, cobalah meminta izin dan berikan penghargaan yang sesuai untuk karya Anda.

6. Manfaatkan bantuan yang ada

Anda juga dapat menggunakan bantuan dari pusat penulisan perguruan tinggi, sumber online, dan instruktur kursus. Tujuannya agar tulisan Anda semakin indah.

7. Kembangkan gaya penulisan yang unik

Anda bisa menggunakan gaya penulisan yang unik untuk membuat karya tulis Anda lebih menarik.

8. Gunakan tanda kutip

Jika Anda ragu dengan apa yang Anda tulis, coba gunakan tanda kutip dan kutip sumber. Ini tandanya Anda telah mengutip sumbernya sebagai karya tulis.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D