0 0
Read Time:3 Minute, 18 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Indonesia Aja Travel Fair (DIATF) kembali hadir tahun ini. Tak sekadar venue, pameran pariwisata ini merupakan kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan agen perjalanan. Asosiasi (ASTINDO) berpusat di empat lokasi, yaitu Suarabaya, Jakarta, Medan dan Makassar.

Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata dan Infrastruktur Kementerian Koordinator Kelautan dan Perikanan Odo Manuhutu mengatakan DIATF 2024 di empat kota tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan program Bangga Mengunjungi Indonesia (BBWI). “Bukan hanya untuk pemerintah daerah, tapi juga masyarakat secara umum,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa, 24 September 2024.

Salah satu kelemahan bepergian ke Indonesia adalah mahalnya harga tiket pesawat domestik. Sehubungan dengan itu, Ketua Umum DPP ASTINDO Pauline Suharno mengatakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memastikan keikutsertaannya dalam DIATF tahun ini sebagai jalur alternatif bagi pemudik.

“Kereta api bisa mengangkut penumpang dalam jumlah besar dengan harga terjangkau,” ujarnya bersamaan. Pilihan ini semakin menarik karena selama acara berlangsung Anda bisa mendapatkan diskon 20% untuk kereta api kelas komersial hanya di stand KAI.

Manajer Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi Ni Made Ayu Marthini mengatakan, travel fair seperti DIATF memudahkan wisatawan mendapatkan beragam penawaran menarik. Perluasan fasilitas DIATF ini sejalan dengan keinginan kelompok untuk meningkatkan promosi lima Stasiun Utama (DSP).

 

Untuk lebih jelasnya, lima DSP yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur, Jawa Tengah; Danau Toba, Sumatera Utara; Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB); Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT); dan Likupang, Sulawesi Utara. Selain itu, Ayu juga melengkapi paket wisatanya dengan resort yang menurutnya tak kalah menyenangkan.

Dia berkata: “Ada banyak resor di sekitar lima DSP dan sekitarnya yang layak untuk dikunjungi. Semua informasi tersedia melalui Jaringan Desa Wisata (Jadesta) Kementerian Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi.” Selain itu, beberapa event regional akan dipromosikan di DIATF 2024.

Apa yang ditawarkan desa liburan, kata Pauline, sejalan dengan tren pariwisata modern. Ia mengatakan, alih-alih hanya memikirkan destinasi, wisatawan kini mencari pengalaman unik. Artinya, mereka bisa mengunjungi tempat-tempat yang sudah pernah mereka kunjungi sebelumnya, namun dengan tujuan berbeda.

“Pariwisata dan pengalaman unik, oleh karena itu ekowisata yang akan kami tawarkan (selama DIATF), menyesuaikan dengan tren perjalanan saat ini,” ujarnya. “Wisatawan lebih memilih berjalan lebih lambat.”

Menyadari hal tersebut, Ayu mengatakan tempat-tempat harta karun yang terpendam masih banyak dicari wisatawan. “Wisatawan menghindari tempat keramaian,” katanya seraya menambahkan bahwa wisata kuliner masih diminati.

Dia mengatakan para pelancong sekarang suka melakukan hal-hal di komunitas. Kelompok lari, misalnya, pergi ke suatu tempat bersama-sama untuk mencoba rute lari yang berbeda. “Mereka mencari tempat-tempat yang banyak wisatanya,” imbuhnya.

Tren perjalanan lainnya, menurutnya, adalah wisatawan ingin perjalanannya memberikan dampak, terutama meningkatkan kawasan wisata yang dikunjunginya. Ayu adalah salah satu contohnya, hal ini terlihat pada kegiatan seperti membersihkan pantai, menanam bakau, dan melepasliarkan penyu ayam.

“Penggemar sekarang tahu cara berdonasi,” katanya.

DIATF 2024 juga didukung oleh LPS. Di setiap kota tuan rumah, pihak akan membuka stan untuk memberikan informasi dan kesadaran mengenai langkah-langkah keamanan finansial dan manfaat yang dapat diberikan kepada masyarakat. “Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menabung akan meningkatkan konsumsi dan aktivitas perekonomian,” kata Sekretaris LPS Institute Annas Iswahyud.

Di DIATF 2024, berbagai tur akan ditawarkan untuk dipilih berdasarkan kebutuhan Anda di empat kota. Jadwal lengkap pameran keliling adalah sebagai berikut: Tunjungan Plaza, Surabaya, 27-29 September 2024. Mall Puri Indah, Jakarta, 4-6 Oktober 2024. Mall Center Point, Medan, 25-27 Oktober 2024. Mall Panakkukang, Makassar , 1-3 November 2024.

Selain harga tiket KA di atas, promo lain selama DIATF 2024 antara lain diskon paket perjalanan 20-25% dengan tambahan biaya Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta, terkadang dengan komisi 0%. Pauline melanjutkan, setoran tunai Rp 300 ribu untuk kartu kredit dan debit BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri dan CIMB Niaga.

Adapun targetnya, kata dia, timnya mengincar nilai transaksi yang “tidak terlalu jauh” dari DIATF tahun lalu. “Tahun lalu (nilai transaksi) Rp7 miliar, jadi tahun ini targetnya tidak jauh dari angka itu. Kami harapkan (nilai transaksi) bisa meningkat,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D