0 0
Read Time:1 Minute, 3 Second

JAKARTA – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengalihkan perhatian ke Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda untuk Piala Dunia 1938.

AFC mengumumkan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang mewakili negara Asia di Piala Dunia.

“Tidak ada wakil Asia di dua Piala Dunia 1930 dan 1934. Indonesia pertama kali mengibarkan bendera Asia di Piala Dunia sebagai salah satu dari tiga negara non-Eropa yang ikut serta bersama Brasil di Piala Dunia ketiga Kuba. ” Tulis AFC Lian, dikutip Rabu 26 Juni 2024.

Saat itu, tim Indonesia yang dipimpin kapten Nahur menghadapi laga sulit melawan timnas Hungaria yang langsung melaju ke final. Alhasil, wakil Asia itu kalah 0-6.

Kekalahan ini membuat Indonesia hanya berada di Prancis dalam waktu singkat. Karena Perang Dunia II, Piala Dunia tidak diadakan lagi hingga tahun 1950 dan saat itu tidak ada perwakilan Asia.

Asia kembali tampil bagus pada tahun 1954 ketika Korea Selatan berpartisipasi di Piala Dunia. Namun, seperti halnya Indonesia, Taichi Warriors tersingkir dari babak penyisihan grup. Saat itu, tim Korea Selatan dikalahkan oleh tim Hongaria 9-0.

AFC melanjutkan: “Korea Selatan memulai debutnya di Swiss pada tahun 1954. Seperti Indonesia, mereka menghadapi tim tangguh Hongaria di pertandingan pertama mereka. Harapan Shin Tae-yong terpilih untuk susunan timnas Indonesia Piala AFF 2024 dianrakyat.co.id.co.” .id 23 Oktober 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D