0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Institusi layanan kesehatan (wajah) di Indonesia perlu mengikuti transformasi digital yang berkembang saat ini dengan beralih dari sistem tradisional ke digital. Transformasi digital ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan pasien. Pemerintah mendukung langkah tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan no. 24 Tahun 2022 tentang Rekam Kesehatan Elektronik (RME) dan percepatan integrasi institusi kesehatan ke dalam platform SatuSehat.

Namun, banyak institusi layanan kesehatan menghadapi kendala dalam menerapkan digitalisasi. Tantangan-tantangan tersebut antara lain kurangnya sumber daya manusia untuk memahami sistem, infrastruktur digital yang tidak memadai, dan biaya untuk beralih ke digital. Memahami urgensi penerapan RME, pemerintah memberikan sanksi pencabutan status akreditasi bagi institusi kesehatan yang tidak menerapkan RME dan integrasi ke SatuSehat paling lambat tanggal 31 Juli 2024.

PT Sentosa Medika Sejahtera menawarkan solusi berbasis platform UPMEDIK, sistem manajemen informasi rumah sakit (SIRMS) dan klinik yang 100% berbasis cloud. Manajer Operasional PT. Sentosa Medika Sejahtera, Windy Aprilanti, mengatakan: “Tujuan kami adalah menjadi bagian dari transformasi layanan kesehatan digital di Indonesia dengan menyediakan sistem manajemen layanan kesehatan yang lengkap, canggih, dan mudah digunakan.”

UPMEDIK terintegrasi dengan baik baik secara eksternal maupun internal sehingga memudahkan pekerjaan para petugas kesehatan. Melalui jembatan eksternal, UPMEDIK terhubung dengan SatuSehat, BPJS Kesehatan dan Indonesia Case Review Group (INA-CBG).

Pada sisi back bridge, UPMEDIK melakukan satu kali entry data untuk menghindari human error dan duplikasi data, kata Windy. UPMEDIK juga menawarkan harga terjangkau yang memungkinkan institusi kesehatan dari berbagai ukuran melakukan digitalisasi tanpa terbebani biaya tinggi.

 

Direktur RS Yadika Pondok Bambu Dr. Steffanus Sumarsono mengatakan UPMEDIK telah mencapai kemajuan revolusioner di rumah sakitnya dengan keahliannya dalam digitalisasi terbarukan. UPMEDIK membantu mempercepat pemberian layanan dan mengurangi antrian di bagian pendaftaran, serta mempermudah proses klaim BPJS Kesehatan. Selain itu, UPMEDIK menyediakan keamanan siber terdepan untuk melindungi data rumah sakit dan pasien.

UPMEDIK dipercaya oleh berbagai institusi medis di Indonesia dan merupakan solusi tepat untuk digitalisasi bisnis tanpa biaya tinggi atau tim IT yang berdedikasi. Dengan UPMEDIK, institusi layanan kesehatan dapat fokus memberikan layanan kesehatan terbaik kepada pasien tanpa terbebani oleh kesulitan teknis digitalisasi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D