0 0
Read Time:1 Minute, 0 Second

JAKARTA – Bayangkan rasa malu karena ketahuan melakukan tindakan ilegal, dan rasa malu itu diperparah dengan terjebak dalam getah pohon selama jutaan tahun.

BACA JUGA – Sejarah Senjata di Zaman Kuno

Nasib inilah yang menimpa beberapa serangga purba zaman Kapur Tengah yang terjebak dalam sepotong damar saat sedang bercinta. Untungnya, serangga tidak tahu malu.

Meski lucu, peristiwa ini bermanfaat bagi para ilmuwan. Penangkapan serangga saat berkembang biak jarang terjadi dalam catatan fosil, sehingga informasi mengenai perilaku hewan purba jutaan tahun lalu masih sangat terbatas.

Kutu buluh air (Burmogerris rarus) berumur 100 juta tahun adalah penemuan serangga berkembang biak pertama dalam catatan fosil.

Seperti dilansir IFL Science, temuan ini memberikan wawasan langka tentang dinamika pernikahan mereka.

Amber dari Myanmar utara ini berisi tujuh serangga bambu dewasa, enam di antaranya berpasangan, dan satu jantan ditangkap sendirian.

Dua pasangan tertangkap sedang menggoda, berharga. Anehnya, pejantan yang terlihat di belakang betina berukuran jauh lebih kecil, berlawanan dengan anggapan umum bahwa pejantan di dunia binatang cenderung lebih besar.

Serangga bambu air jantan menempel di punggung betina saat kawin.

Ukuran Tubuh: Laki-laki tidak selalu lebih besar dari perempuan.

Amber dapat melestarikan momen langka dari perilaku hewan purba.

Temuan ini membantu para ilmuwan lebih memahami evolusi perilaku serangga dan dinamika perkawinan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D