0 0
Read Time:3 Minute, 36 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyeleksi total 111.714 aparatur sipil negara (ASN) atau aparatur sipil negara untuk dimutasi ke Ibu Kota Negara (IKN).

Pj Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan, pihaknya menargetkan seleksi 60.000 ASN pada tahun 2023. Target tersebut terdiri dari 40.000 ASN. instansi pusat untuk dialihkan ke IKN dan 20.000 A.S.N. lembaga pendukung IKN.

“Pada tahun 2023, BKN akan melaksanakan kegiatan pemetaan dan penilaian kapasitas dan kompetensi dengan jumlah peserta ASN sebanyak 96.760 orang. Jumlah tersebut telah mencapai dan melampaui target 60.000 orang,” kata Hariomo saat rapat kerja bersama Komisi II DPR RI. Rabu (6/12/2024).

Kegiatan seleksi PNS akan dilanjutkan pada tahun 2024 dengan target yang sama sebanyak 60.000 ASN dan alokasi pagu anggaran sebesar Rp5,5 miliar. Haryomo menjelaskan, proses penilaian potensi dan kompetensi menggunakan program Computer Assisted Aptitude Test (CACT) termasuk dalam salah satu dari empat kegiatan prioritas BKN tahun ini.

“Hingga 31 Mei 2024, sebanyak 14.954 ASN telah melakukan pemetaan potensi asesmen kompetensi,” jelasnya.

Selain itu, pada tahun 2024, BKN juga akan menyusun kriteria penilaian potensi dan kemampuan pejabat tinggi lembaga pemerintah. Pagu anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan prioritas nasional ini sebesar 2 miliar dram.

Per 31 Mei 2024, Haryomo melaporkan progres proyek tersebut sebesar 20 persen.

“Kegiatan yang akan dilakukan adalah pembangunan virtual assessment center yang diawali dengan kegiatan persiapan simulasi assesment center berbasis kecerdasan buatan, dimana penilaian kemampuan posisi manajemen senior dilakukan secara online dengan pengolahan bahasa alami. , kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan teknologi blockchain,” jelasnya.

Mantan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengundang para mantan presiden untuk menghadiri upacara HUT atau HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024. Dimulai dari Presiden kelima RI tersebut. Indonesia, Megawati Soekarnoputri, raja keenam setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Semua (mantan presiden) diundang, semua diundang. (Upacara) IKN,” kata Jokowi di Posyandu Terpadu RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2024).

Perayaan HUT ke-79 RI akan digelar di dua lokasi yakni IKN dan halaman Istana Merdeka Jakarta. Jokowi mengatakan, hal ini merupakan bentuk peralihan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Kaltim.

Jadi di sini (Istana Merdeka) masih dilaksanakan, di sana (IKN) masih dilaksanakan, jelasnya.

Jokowi mengatakan upacara HUT ke-80 RI tahun 2025 akan digelar seluruhnya di IKN dengan adanya Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan ibu kota. Di sisi lain, diakuinya lokasi dan transportasi di IKN tidaklah mudah.

“Tahun depan kalau keputusan Presiden soal mutasi baru ada di IKN. Termasuk soal mobilisasi, transportasi, dan akomodasi yang tidak mudah,” kata Jokowi.

 

Mantan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) ke-79 di Ibu Kota Kepulauan (IKN) Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024. Sedangkan Wakil Presiden akan dijabat oleh Maruf Amin. Hadir di Istana Merdeka Jakarta.

Sedangkan Jokowi nantinya akan didampingi Presiden masa pemerintahan RI, Prabowo Subianto periode 2024-2029. Sementara Maruf Amin didampingi Jibran Rakabuming Raka, wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

“Ada yang di IKN, ada yang di sini (Istana Jakarta). Pak Presiden bertugas (di IKN), Pak Wakil Presiden (di Kamar),” kata Menko PMK Muhajir Effendi di Istana Kepresidenan. di .kompleks Jakarta, Senin (10/6/2024).

Selanjutnya wakil presiden akan didampingi oleh wakil presiden yang baru terpilih, sedangkan presiden akan didampingi oleh presiden yang baru terpilih, lanjutnya.

Menurut dia, pejabat negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara HUT RI di IKN belum ditentukan. Namun, kata Muhajir, tidak menutup kemungkinan pejabat pemerintah akan dipecah menjadi dua rombongan untuk menghadiri IKN dan halaman Istana Merdeka.

“Belum ada daftarnya, mungkin akan dibagi menjadi dua bagian, antara lain upacara di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan peringatan IKN,” ujarnya.

 

Muhajir mengatakan, pemerintah belum memutuskan apakah mantan presiden dan wakil presiden seperti Presiden kelima RI Megawati Suekarnaputri, presiden keenam RI Susila Bambang Yudhoyana (SBI), wakil presiden ke-6; Republik Indonesia mengadili Sutrisno dan 10 serta 12 wakil presiden Jusuf Kalla akan ikut IKN atau tidak. Ia mengatakan, permasalahan ini masih dalam pembahasan.

“Masih ditawarkan. Instruksi Presiden agar ketua memasukkan tokoh-tokohnya baik di sini (kamera) maupun di IKN,” jelas Muhajir.

Ia mengatakan, duta besar negara sahabat akan diundang pada upacara HUT RI di IKN. Kedepannya, mereka tidak akan bermalam di IKN.

“Ada kemungkinan Dubes IKN tidak bermalam di acara tersebut lalu kembali lagi,” kata Muhajir. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D