0 0
Read Time:4 Minute, 24 Second

dianrakyat.co.id, TANGRANG – Ekspor otomotif dalam negeri menjadi salah satu sektor penting dalam menopang neraca perdagangan positif Indonesia. Pada saat yang sama, usaha kecil dan menengah (UKM) lokal berkontribusi dalam proses produksi sehingga meningkatkan daya saing produk otomotif produksi dalam negeri di dunia.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang mengembangkan suku cadang untuk produk ekspor kendaraan, beserta supply chain dan IKM, mendapat pengakuan dari pemerintah Indonesia pada Rabu (10/09/2024) dengan Penghargaan Premierta melalui Kementerian Perdagangan RI.

Penghargaan Premier ke-11 diserahkan kepada Nandi Zulanto, Presiden dan Direktur PT TMMIN pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 2024 di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan. : “Desain hubungan yang kuat dengan yang terbaik di Indonesia”.

Nandi Zulanto, Presiden Direktur dan PT TMMN mengucapkan terima kasih atas Penghargaan Premierta yang diterima dari Kementerian Perdagangan RI. Pengakuan ini terwujud berkat kerja sama semua pihak, khususnya pemerintah Indonesia, yang menyediakan berbagai sarana, prasarana, dan regulasi untuk mendorong kinerja ekspor Toyota Indonesia.

“Melalui Premier Award, kita akan meningkatkan kinerja ekspor produk otomotif produksi dalam negeri sehingga meningkatkan devisa negara dan menciptakan neraca perdagangan yang positif bagi Indonesia,” kata Nandi Zulanto.

PT TMMIN telah mengikuti ajang TEI sejak tahun 2008 dan berupaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja ekspornya meski dalam kondisi perekonomian global yang tidak menentu.

Pada tahun 2024, PT TMMIN akan menerima Penghargaan Premier untuk yang ke-11 kalinya Tahun ini, PT TMMIN berhasil meraih Premianta Award pada kategori “Promising Market Eksportir” karena memiliki pengalaman ekspor lebih dari 5 tahun dan mampu masuk dan berekspansi ke pasar-pasar prospektif minimal dalam 3 tahun seperti Afrika, Amerika Latin. , Australia, Asia Selatan, Timur Tengah.

Bob Azam, Wakil Direktur PT TMMIN, mengatakan tidak ada jalan pintas bagi PT TMMIN untuk mempertahankan kinerja ekspornya selama lebih dari 30 tahun. Sejak tahun 1987, PT TMMIN memulai bisnis ekspor dengan memasok model Kizang generasi ketiga ke Brunei Darussalam dan terus berkembang sebagai produsen dan eksportir produk otomotif berupa kendaraan, komponen, peralatan produksi dan suku cadang. Di lebih dari 80 negara

Termasuk Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Australia, Afrika dan Oseania, termasuk negara-negara non-tradisional dan negara pasar masa depan. Kinerja Toyota Indonesia tidak mungkin tercapai tanpa adanya rantai pasok kegiatan usaha, dimana lebih dari 1.000 perusahaan termasuk UKM lokal mampu mempekerjakan lebih dari 345.000 tenaga kerja dari hulu hingga hilir, kata Bob Azam.

Parameter penilaian penghargaan Premaniarta didasarkan pada kemampuan strategi dalam meningkatkan ekspor, diversifikasi produk dan pasar, serta menghadapi krisis dan tantangan persaingan. Selain itu, aturan tanggung jawab sosial, termasuk kredit, pajak, bea cukai, tenaga kerja dan pemeliharaan lingkungan, juga akan ditinjau.

Berdasarkan data GAIKINDO, total ekspor kendaraan merek T pada Januari-Agustus 2024 sebanyak 177.690 unit atau menyumbang 59 persen terhadap ekspor industri otomotif nasional yang mencapai 298.691 unit. .

Kizong Innova (ICE dan HEV), Veloz, Fortuner dan Yaris Cross (ICE dan HEV) menjadi favorit ekspor PT TMMIN. Sementara dua lini kendaraan elektrifikasi Toyota, Kizong Innova Genix HEV dan Yaris Cross HEV berhasil diekspor sebanyak 10.988 unit, menyumbang 6,2 persen terhadap total ekspor merek T. Sebanyak 6.978 unit HEV Kizong Innova Genix dan 4.010 unit Yaris Cross HEV diterima dengan baik oleh pelanggan pasar global di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Sedangkan kinerja ekspor periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 189.092 unit

Bob Azam mengatakan TMMIN fokus menjaga kinerja ekspor mobil nasional dengan meningkatkan kinerja ekspor produk otomotif dalam negeri.

Kontribusi usaha kecil dan menengah terhadap pembangunan

Toyota Indonesia terus mengupayakan pengembangan supply chain, memperkuat dan meningkatkan daya saing industri otomotif Indonesia termasuk UKM melalui basis supply chain yang kuat mulai dari level pertama, kedua dan level 3 hingga TMMIN sebagai supply chain dan hub ekspor bagi UKM. . . Toyota Indonesia terlibat dengan lebih dari 220 rantai pasokan Tier 1 dan 34 ICM di wilayah Jakarta, Bogor, Bandung, Tangerang, Bekasi, Sirebon, dan Tegel.

Hal ini juga memastikan bahwa kualitas produksi ICM lokal memenuhi persyaratan kualitas global untuk semua ICM yang berkontribusi langsung pada produksi komponen kendaraan ekspor. Ini termasuk rangkaian kabel yang digunakan dalam produksi lampu kendaraan Veloz, segel karet dan kaca spion Yaris Cross, serta dudukan konsol yang digunakan dalam produksi dasbor Kizong Innova Genix.

Pada TEI 2024, PT TMMIN memamerkan mobil Toyota yang dapat dimodifikasi baik penggunaan maupun tampilannya, antara lain Kizong Innova Genix Cash Carrier dan Fortune Ambulance. Turut diluncurkan mobil konsep Kizong Innova Genix HEV FFV (Flexi Fuel Vehicle).

Kendaraan berbahan bakar fleksibel adalah kendaraan yang mengonsumsi etanol E85-E100. Kombinasi teknologi HEV dan FFV berkontribusi terhadap upaya penurunan emisi dan impor bahan bakar, terutama saat kita memasuki era transisi energi. Tidak hanya menampilkan unit kendaraan saja, namun juga produk original pabrikan peralatan/suku cadang OEM dan aksesoris serta perkakas/jig berkualitas PT TMMIN.

Keberadaan kendaraan modifikasi dan mobil konsep FFV ini menunjukkan kemampuan dan inovasi Toyota Indonesia sebagai pemain otomotif dalam memenuhi kebutuhan dan kepentingan pasar Toyota global. Baik dari segi kegunaan, teknologi ramah lingkungan dan daya saing yang tinggi untuk memperluas potensi ekspor

“Melalui ajang TEI, PT TMMIN berupaya untuk memperluas potensi negara tujuan ekspor melihat peluang dan permintaan pasar, khususnya di negara tujuan ekspor non-tradisional. Salah satunya dengan inovasi berbagai konversi kendaraan seperti pengangkut uang tunai, nah taksi, patroli,” kata Nandi Zulanto. Mobil dan kendaraan berbahan bakar fleksibel, serta produk dan komponen aftermarket lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D