0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

SOFIA – Sekelompok arkeolog di Bulgaria telah menemukan harta karun yang tidak biasa: patung marmer dewa Yunani Hermes yang terpelihara dengan baik.

Menurut IFL Science, patung setinggi 2 meter yang ditemukan di reruntuhan kota kuno Heraclea Syntica ini merupakan bukti menarik peradaban masa lalu.

Patung itu dimakamkan di piramida dr batu kasar Romawi kuno dekat desa Rupita di barat daya Bulgaria. Para arkeolog percaya bahwa patung itu ditempatkan di sana setelah gempa bumi hebat pada tahun 388 M dan ditutupi dengan tanah. Hal ini mungkin telah menyelamatkan patung tersebut dari vandalisme dan memungkinkannya terpelihara dengan baik selama berabad-abad.

Meski terkubur berabad-abad, patung Hermes ini tetap dalam kondisi luar biasa. Kepala patung itu masih utuh, hanya ada beberapa tulang patah di tangannya. Detail patungnya masih terlihat jelas, menunjukkan kepiawaian mengukir marmer para seniman Yunani kuno.

Para arkeolog percaya bahwa patung Hermes ini adalah versi Romawi dari patung Yunani kuno. Patung aslinya mungkin dibuat pada zaman Yunani antara abad ke-4 dan ke-1 SM. Penemuan ini memberikan wawasan penting mengenai pertukaran budaya dan seni antara Yunani kuno dan Roma.

Penemuan patung Hermes merupakan penemuan penting bagi sejarah dan arkeologi Bulgaria. Patung ini tidak hanya menjadi bukti keindahan dan keterampilan seni Yunani-Romawi, tetapi juga memberikan informasi berharga tentang kehidupan dan kepercayaan penduduk bekas Heraclea Syntica.

Penemuan ini kemungkinan akan menarik perhatian para arkeolog dan sejarawan di seluruh dunia, serta diharapkan dapat membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut mengenai kota kuno Heraklion dan budaya sekitarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D