0 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Produsen batu bara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) memproduksi 37,7 juta ton batu bara pada paruh pertama tahun 2024. Produksinya meningkat 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 35,4 juta ton.

Pencapaian tersebut merupakan angka produksi tertinggi di antara pemain sektor yang sama di Indonesia. 

Peningkatan produksi ini disebabkan oleh kinerja kontraktor yang lebih baik dan cuaca yang mendukung, yakni curah hujan yang relatif lebih sedikit di wilayah pertambangan KPK (PT Kaltim Prima Coal, anak perusahaan BUMI), kata Direktur BUMI Dileep Srivastava dalam keterangannya. Jumat (20/9/2024).

Sementara itu, pada tahun ini BUMI menargetkan produksi batu bara sebanyak 78 juta 82 juta ton dan pihaknya sangat optimis dapat memenuhi jumlah tersebut. Kalau cuaca bagus di paruh kedua tahun ini, mungkin kita akan menanamnya.

Peningkatan produksi ini turut mempengaruhi angka penjualan yang meningkat menjadi 37 juta ton pada enam bulan pertama tahun 2024. Angkanya pada periode yang sama tahun 2023 sebesar 34,6 juta ton.

Sejalan dengan angka produksi tersebut, BUMI juga memberikan kontribusi signifikan terhadap listrik negara dengan menjadi pemasok listrik melalui industri PLN, semen, dan pupuk.

Hal ini sejalan dengan komitmen BUMI yang memprioritaskan utang pasar dalam negeri (DMO) dengan persentase lebih dari 25 persen sebelum ekspor.

Perusahaan ini juga merupakan pembayar royalti terbesar kepada pemerintah dibandingkan perusahaan lain di industri, yakni mencapai 32 persen dari total pendapatan tahun lalu.

Untuk memenuhi target produksi batu bara nasional pemerintah sebesar 1 miliar ton pada tahun ini, BUMI bersama produsen batu bara terus meningkatkan laju produksi.

Berdasarkan data Mineral Information Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), realisasi produksi batu bara nasional hingga 28 Agustus 2024 mencapai 518,30 juta ton atau sekitar 73 persen dari target.

3 Produsen Batubara Teratas Semester 1 2024: PT Bumi Resources, Tbk. (BUMI): 37,7 juta ton, PT Adaro Energy, Tbk. (ADRO): 35,74 juta ton dan PT Golden Energy Mines, Tbk. (PERMATA): 24,8 juta ton.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D