0 0
Read Time:3 Minute, 7 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Data tidak bisa dipungkiri menjadi faktor penting dalam mengelola dunia digital, termasuk di pasar online. Dengan kemampuan menguasai data, pemasar online dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan membuat penawaran yang dipersonalisasi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Lazada, loyalitas pelanggan dan pembelian berulang disebabkan oleh banyak faktor. 

Beberapa di antaranya adalah produk yang beragam, harga kompetitif, kenyamanan, dan pengalaman yang dipersonalisasi.

Survei menunjukkan bahwa 94 persen pelanggan menggunakan fungsi pencarian Lazada untuk menemukan dan membeli produk, dan 71 persen membeli barang melalui fungsi umpan balik. Ini adalah fitur-fitur yang dirancang untuk setiap pelanggan berdasarkan jenis pekerjaannya.

Oleh karena itu, untuk membantu pelanggan online dalam menggunakan data, Lazada menyediakan fitur Lazada Business Advisor. Fitur ini merupakan dashboard yang dirancang untuk memberikan wawasan mendalam mengenai kinerja toko online pelanggan.

“Lazada Business Advisor dirancang untuk memudahkan pelanggan melacak metrik kinerja, menganalisis perilaku pelanggan, dan pada akhirnya menciptakan strategi pemasaran yang efektif,” kata General Manager Indonesia Stefan Winata pada Rabu (31/7/2024). .

Dengan Penasihat Bisnis Lazada, pelanggan dapat menggunakannya untuk mempelajari hal-hal berikut:

Pantau kinerja toko secara real time

Dengan informasi tersebut, merchant dapat melihat trafik pengunjung dan jumlah pembelian secara real time.

Pelanggan dapat menggunakan fitur Promosi Berbayar Lazada untuk meningkatkan visibilitas produk ketika pelanggan mencari kata kunci terkait di toko online Anda. .

Lihat produk unggulannya

Dengan data kinerja, pemasar dapat menentukan dampak iklan terhadap produk yang ada. Selain itu, prioritas pelanggan dapat diarahkan pada produk yang berkinerja baik.

 

Pahami sumber lalu lintas Anda

Lazada Business Advisor juga memberikan wawasan tentang pola dan saluran pembelian pengunjung dengan kemampuan mengubah lalu lintas menjadi pembelian.

Tak hanya itu, bisa dijual dengan harga bersaing selama seminggu dan saat promosi.

Tinjauan Kinerja Iklan

Pelanggan dapat menggunakan kemampuan ini untuk mengevaluasi berbagai jenis promosi yang ditawarkan kepada pelanggan, mulai dari harga di dalam toko, Flexi Combo, hingga program loyalitas tabungan dan LazCoins.

Evaluasi kinerja

Informasi dan informasi dari Lazada Business Advisor dapat digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi layanan pelanggan yang diberikan oleh toko. Oleh karena itu, pemasar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.

“Dunia yang sedang berkembang memang menakutkan bagi konsumen, namun konsumen dapat memasuki dunia e-commerce dengan percaya diri dengan fitur dan paket yang tepat,” ujar Stefan menutup sambutannya.

Sebelumnya, menanggapi kebutuhan konsumen selama Ramadhan, Rika Yeo, trainer bersertifikat LazStar, berbagi pengalamannya kepada konsumen dan konsumen tentang bagaimana mempersiapkan rencana bisnis untuk meningkatkan peningkatan transaksi online.

“Sebagai pembeli atau penjual di platform online, Anda mempunyai kesempatan untuk mempelajari kinerja toko Anda dan menggunakan data penjualan yang bisa diperoleh secara real time untuk dijadikan acuan dalam pengembangan rencana bisnis Anda,” tuturnya. Rika ke manajer Pesan diterima pada Selasa (19/3/2024).

Lalu apa saja tips Rika yang sebaiknya diikuti oleh konsumen dan retailer lokal untuk memaksimalkan penjualan selama Ramadhan? Lihat informasinya di bawah ini:

Dapatkan wawasan tentang penelusuran toko Anda dan kinerja produk

Gunakan dashboard Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Business Analyst dan menetapkan sasaran berdasarkan tingkat pencarian saat ini.

Anda dapat menemukan rekomendasi produk yang tepat untuk mempromosikan toko Anda guna meningkatkan penjualan online, berdasarkan prediksi analitis berbasis AI di fitur Business Analyst.

Jangan lupa manfaatkan promosi dan kupon gratis yang tersedia di Lazada. Hal ini dikarenakan fitur promosi dan fitur diskon sangat menarik untuk mendorong pelanggan mencari produk.

Dengarkan kebutuhan pelanggan dan tren produk selama bulan Ramadhan

Rika menemukan, bulan Ramadhan menarik masyarakat untuk mencari produk yang berkaitan dengan kata “bersama” seperti takjil dan kurma, “berbagi” seperti paket, keranjang Ramadhan dan sembako.

Jadi kata “baik” dapat dikaitkan dengan kosmetika, busana muslim, perabot salat, dan perabot rumah tangga.

Menyesuaikan strategi pemasaran dengan pasar yang berorientasi pelanggan

Setelah mengidentifikasi produk yang dibutuhkan pelanggan, sesuaikan rencana Anda dengan perubahan hari di bulan Idul Fitri.

Misalnya, minggu pertama adalah tentang mempromosikan perilaku tersebut. Kemudian di minggu kedua Anda bisa fokus mempromosikan segmen elektronik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D