0 0
Read Time:1 Minute, 15 Second

WAHYU BUDI SANTOSO – Supermoon terbesar tahun ini, Orion Moon, akan muncul di langit minggu depan. Para astronom akan melihat tiga supermoon berturut-turut tahun ini, tetapi supermoon di bulan Oktober ini akan menjadi supermoon yang istimewa.

Menurut Daily Mail, gerhana bulan ini akan menjadi satu-satunya fenomena alam yang akan mendekati Bumi pada tahun 2024 sehingga terlihat cukup besar.

Supermoon ini akan terjadi pada 17 Oktober dan akan mencapai puncaknya beberapa jam setelah mencapai titik terdekatnya. Saat ini, Bulan akan berada 220.055 kilometer dari Bumi.

Menurut NASA, Bulan Orion akan mencapai puncaknya pada pukul 18:13 EST di AS dan 16:56 di India. .

Sayangnya, bulan purnama tidak akan bertahan lama karena memasuki fase bulan terakhir pada 24 Oktober.

Menurut EarthSky, fenomena selanjutnya adalah Anda harus menunggu hingga tahun 2039 untuk melihat bulan purnama berikutnya di Halloween.

Menurut Almanak Petani Tua, bulan purnama Halloween jarang terjadi, hanya terjadi setiap 18 hingga 19 tahun sekali. Terakhir kali hal ini terjadi adalah pada tahun 2020.

Nama bulan purnama diambil berdasarkan peristiwa khusus pada waktu itu. Nama Hunter Moon dikaitkan dengan suku asli Amerika Algonquin.

Di banyak daerah, ini adalah waktu ketika orang menyiapkan daging untuk musim dingin yang akan datang, oleh karena itu dinamakan Hunter’s Moon.

Hunter’s Moon terjadi setelah Harvest Moon, yang terjadi sekitar ekuinoks musim gugur. Menurut Almanak Petani Tua, fenomena ini dikenal juga dengan sebutan Ripe Horn Moon, Falling Leaf Moon.

Nama lain yang diasosiasikan dengan suku asli Amerika antara lain Dry Rice Moon, Sparkling Moon, dan Migrant Moon.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D