0 0
Read Time:2 Minute, 25 Second

Jakarta, dianrakyat.co.id – Berkendara di jalan raya membutuhkan konsentrasi penuh untuk menjamin keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Gangguan kecil seperti penggunaan ponsel, kelelahan, dan kurang konsentrasi dapat berakibat fatal dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap fokus saat bepergian.

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang memperhatikan saat berkendara. Mobil melaju tidak menentu atau seperti kehilangan kendali, seperti yang terjadi baru-baru ini. Insiden itu terekam dalam video dan dibagikan di media sosial.

Pada Kamis, 19 September 2024, sebuah mobil berwarna putih melaju dengan kecepatan sedang di jalan lurus yang sepi, dikutip dianrakyat.co.id dari @Fakta.Jakarta di Instagram.

Saat melaju, mobil berputar seolah-olah kehilangan kendali dan menuju ke arah lalu lintas. Meski kondisi jalan terlihat lancar.

Dalam program ini, tindakan pengemudi menyebabkan pengguna jalan lain membunyikan klakson berulang kali dengan keras, sehingga pengemudi dapat lewat dengan normal.

Berdasarkan video yang diunggah, kecelakaan tersebut disebabkan oleh pengemudi mobil yang diyakini sedang microsleeping.

Mobil beberapa kali berputar-putar di jalur berlawanan. Pengemudi diduga sedang tidur siang sebentar, demikian bunyi video yang diunggah.

Microsleep sendiri merupakan kondisi yang sangat berbahaya dimana pengemudi tertidur selama beberapa detik tanpa disadari, seringkali karena kelelahan atau kurang tidur.

Meski berumur pendek, microsleep dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kendali atas kendaraan, keluar jalur, atau gagal bereaksi dengan baik terhadap kondisi jalan raya.

Penasihat keamanan Indonesia Sonny Susmana menanggapi video tersebut yang membuat heboh media sosial.

Ia mengatakan, perbuatan pengemudi mobil tersebut sangat berbahaya karena terus melaju dan tidak berhenti di depannya.

Saat dihubungi dianrakyat.co.id di Jakarta, dia berkata: “Ini serius. Pengemudi tidak punya hati nurani untuk berhenti 3-5 menit. Setidaknya dia bisa menyegarkan diri, menguatkan diri dan tidak tertidur.” .

Menurutnya, microsleep atau kelelahan saat berkendara masuk dalam kategori kecelakaan yang tidak terdeteksi.

“Pengendara terkadang tidak memikirkan keputusan istirahat karena mengantuk. Itu menunda banyak hal, ”katanya.

Dia menambahkan: “Jadi lebih baik mengambil keputusan untuk beristirahat ketika Anda sadar.”

Video tersebut menarik perhatian warganet, banyak yang menyebut tindakan pengemudi tersebut berbahaya dan bisa melukainya.

Ada pula beberapa warganet yang mengaku penyebab kecelakaan tersebut bukan karena tidur sebentar, melainkan karena diyakini sang pengemudi mengonsumsi minuman beralkohol.

“Aku heran kenapa aku berhenti dulu, beberapa kali aku menepi,” kata salah satu warganet.

“Microsleep biasanya terjadi 1-2 kali setelah pengemudi mengetahui bahwa berhenti atau melambat tidak dapat dihindari. Dia masih ngebut dan kalau ini terjadi sepertinya dia mabuk. Karena saya di belakang truk. Saya lihat pengemudinya, dia mabuk. ,” kata warganet.

“Untungnya keadaan tidak stabil, tapi sebaliknya sepi. Kalau dimuat, mobil tidak bisa melaju.. kalau sedang mengemudi jangan terburu-buru, tidak masalah jika terjatuh. aman dari pada buru-buru tapi jadi musibah apalagi harus bawa keluarga.. Ya Allah gak kebayang enaknya..,” kata salah satu warganet. Simak apa saja barang termahal yang dibelikan Baim Wong untuk Paula Verhoeven, apalagi saat Baim mengajukan gugatan cerai dan menyebut kasus seperti dianrakyat.co.id.co.id 19, konflik antara Baim Wong dan keluarga Paula Verhoeven masih menjadi sorotan publik. Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D