0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

MALANG – Workshop Fesbul Film: Passion, Roots, Movement digelar di Malang pada 3-5 Mei 2024. Acara yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas. ekspresi para sineas muda di Lokus 3 DKI Jakarta dan Jawa Timur.

20 peserta terpilih berkesempatan mengenal dunia perfilman dari berbagai sudut pandang. Workshop Film Fesbul tahun ini fokus pada penulisan skenario, penyutradaraan dan produksi film melalui pembelajaran intensif dan interaksi langsung dengan para ahli di bidangnya seperti Abdul Manaf (Produser), Irfan Ramli (Penulis) dan Reza Fahriyansyah (Sutradara). bertindak sebagai mentor selama acara berlangsung.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Kota Malang, Baihaki mengatakan, “Pemerintah Kota Malang berkomitmen mendukung generasi milenial untuk meningkatkan kemampuan kreatifnya melalui berbagai pelatihan, salah satunya di bidang perfilman.” kata Baihaqi.

Weena Indah Kusuma, pakar anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, turut hadir dalam workshop film Fesbul ini.

Workshop film Fesbul berlangsung selama 3 hari. Pada hari pertama, peserta berkesempatan mempresentasikan ide ceritanya, dilanjutkan dengan konten dari mentor. Irfan Ramli berbagi ilmu penulisan skenario, Reza Fakhryansyah membahas aspek penyutradaraan dan Abdul Manaf memberikan wawasan produksi film.

Hari kedua dilanjutkan dengan sesi “Co-mentoring”, dimana peserta dapat berkonsultasi langsung dengan mentor mengenai proyek filmnya. Pada hari terakhir, peserta mempresentasikan ide ceritanya setelah melalui proses pendampingan. Melalui lokakarya ini, peserta dapat mendiskusikan kemungkinan kolaborasi di masa depan.

Irfan Ramli salah satu mentor mengatakan, “Saya berharap ide cerita yang dibawakan oleh para peserta dapat terwujud, tidak berhenti sampai disitu saja namun perjalanannya harus terus berlanjut.”

Lokakarya Film Fesbul memungkinkan 2 proyek terbaik dari masing-masing sektor untuk memasuki dunia komersial dan berpartisipasi dalam pasar Festival Film Internasional 2025.

Film seperti Quiet Return, Spirit Flight Band, Country of Thieves, Rootless Bloom, Employee of the Month Jodilerx Dela Cruz dan Call of the Wild juga menjadi bagian dari acara tersebut. Produksi film ini tidak hanya mendorong platform untuk memahami pendekatan kreatif yang berbeda dalam pembuatan film.

Untuk meneruskan semangat tersebut, Fesbul akan menjadi tuan rumah workshop film Fesbul Lokus 4 di Bali pada 24-26 Mei. Mulai tanggal 6-13 Mei 2024, pendaftaran dibuka bagi sineas dari wilayah Bali, NTB, dan NTT.

Dengan semangat dan keinginan untuk mendukung perkembangan perfilman di Indonesia, Fesbul terus memberikan inisiatif yang memperkuat ekosistem kreatif dan membina potensi talenta muda.

Melalui acara ini, kami berharap film-film lokal dapat berkembang dan melahirkan kolaborasi serta produksi berkualitas yang mampu menarik perhatian masyarakat luas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Fesbul, kunjungi website resmi www.fesbul.id atau Instagram @fesbul.id. Diundang Prabowo, Raffi Ahmad: Saya membantu sektor kreatif dan artis Raffi Ahmad termasuk salah satu orang yang diundang mengunjungi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto 2024-2029. Ia akan bergabung dalam kabinet dianrakyat.co.id.co.id pada 15 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D