0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Perhiasan emas sudah lama menjadi salah satu investasi yang digemari masyarakat Indonesia. Namun kenaikan harga emas akhir-akhir ini tidak terlalu menonjol sehingga menjadi pertanyaan apakah emas perhiasan masih bisa menjadi alat investasi.

Ricky Kurniawan, salah satu pendiri Thiqla, mengatakan rumitnya proses pembuatan perhiasan emas membutuhkan biaya tambahan yang dapat menurunkan nilai jual kembali perhiasan tersebut. Selain itu perhiasan emas juga perlu perawatan khusus agar tidak tergores yang juga dapat menyebabkan turunnya nilai saat dijual. Jika masyarakat memperoleh keuntungan, maka hal tersebut dapat menimbulkan kerugian.

Saat ini masyarakat mulai beralih membeli berbagai jenis perhiasan emas pengganti. Hal ini terlihat dari bermunculannya berbagai merek perhiasan yang seolah-olah menjadi emas di media sosial dan pusat perbelanjaan di Indonesia.

Namun perlu diketahui bahwa perhiasan emas yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah kesehatan dan penampilan. Oleh karena itu, pemilihan perhiasan pengganti emas harus diperhatikan dengan matang.

Tips memilih perhiasan yang tepat seperti emas

Jangan tergiur dengan harga yang murah

Banyak perhiasan yang terbuat dari bahan berbahaya, seperti nikel. Nikel dapat menyebabkan alergi dan masalah kulit seperti eksim. Oleh karena itu, hindari perhiasan yang harganya terlalu murah dan pastikan bahan yang digunakan aman untuk kulit.

Perhatikan perlengkapan dasar untuk membuatnya

Stainless steel merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan perhiasan, karena memiliki sifat anti karat, anti korosi dan non alergi. Saat ini banyak produsen perhiasan yang menjual produknya dengan harga murah namun menggunakan bahan berbahaya. Stainless steel bisa menjadi pilihan aman saat memilih perhiasan pengganti emas.

Perhatikan kandungan emas yang digunakan

Pemilihan lapisan emas pada perhiasan juga sangat penting. Emas yang berkualitas tinggi seperti emas 18 karat lebih baik digunakan karena memiliki kualitas yang lebih baik dan terlihat seperti emas asli.

Jangan hanya memilih toko

Sebelum membeli perhiasan, pastikan untuk membaca review dari pembeli sebelumnya. Toko yang bagus biasanya memiliki rating tinggi dan ulasan komprehensif, serta cukup berani untuk menawarkan jaminan. Ini dapat membantu Anda memilih toko perhiasan yang andal dan bagus.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda bisa memilih perhiasan emas yang aman, berkualitas, dan tetap menarik. Memilih dengan bijak tidak hanya akan melindungi kesehatan Anda, tetapi juga memastikan bahwa perhiasan yang Anda beli memiliki nilai abadi dan keindahan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D