0 0
Read Time:2 Minute, 37 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Biasanya pakaian pernikahan adat Jawa terdiri dari kebaya dan kain batik yang unik. Ada berbagai model kebaya yang bisa dipilih seperti kebaya Kartini, kebaya Kutu Baru, atau kebaya Encim.

Makna filosofis mendalam yang terkandung dalam gaun pengantin adat Jawa menjadi bagian penting dalam upacara pernikahan. Banyak selebriti Tanah Air yang memilih tradisi Jawa untuk menciptakan suasana sakral dan elegan saat momen pernikahannya.

Berikut beberapa foto pasangan selebriti yang mengenakan gaun pengantin adat Jawa saat melangsungkan pernikahan pada Rabu (28 Februari 2024).

Isyana Sarasvati dan Rayhan resmi melangsungkan upacara pernikahan pada 2 Februari 2020. Saat upacara, mereka semua mengenakan pakaian adat Jawa.

Isyana Sarasvati tampil memukau dalam balutan kebaya kutu putih terbaru karya Didiet Maulana. Desain kebaya berwarna putih dengan hiasan payet yang dipadukan dengan kain batik berwarna coklat dan emas memberikan kesan yang sangat menawan dan elegan.

Pada tahun 2018 lalu, Paula Verhoeven dan Baim Wong resmi menikah. Untuk pernikahannya, mereka memilih pakaian adat Jawa.

Untuk penampilannya, Paula Verhoeven tampil memukau dalam balutan busana berpasangan dan perhiasan berwarna perak. Kabaya berwarna putih dengan hiasan payet dipadukan dengan kain batik menambah glamor istri Baim Wong itu. Kecantikan Paula menarik perhatian banyak orang. Sementara Baim Wong tampil dengan atasan berwarna putih senada dengan bawahan batiknya.

Maudy Ayunda dan teman kuliahnya Jesse Choi dari Universitas Stanford menikah dengan pakaian adat Jawa yang indah.

Dalam foto yang dibagikan di akun Instagram pribadinya, Modi tampil memukau dalam balutan kabaya modern berwarna putih yang dipadukan dengan batik berwarna coklat. Rambutnya ditata sanggul klasik dengan bunga melati modern, sedangkan riasan wajahnya natural dengan sentuhan konsep klasik Jawa.

Pasangan hidup Kaesang Pangarep, Erina Gudono, tampil memukau saat pesta syukuran pernikahannya. Ia mengenakan gaun pengantin adat Jawa Solo Putri yang sangat menawan. Kabaya hitam bermotif emas dipadukan dengan batik menambah sentuhan elegan pada penampilannya yang glamor.

Pernikahan resmi Adipati Dolken dan Canti Tachril dilangsungkan pada 18 Desember 2020 di Bangka Belitung. Mereka memilih pakaian tradisional dodotan Jawa untuk acara spesial ini.

Dengan latar belakang pantai, keduanya tampak serasi dalam balutan pakaian adat. Candy tampil memukau dengan gaya rambut sanggul dan hiasan bunga melati.

Karina Nadila, aktris sekaligus finalis Puteri Indonesia, memilih busana adat Jogja Putri saat menikah dengan Rangga Prihartanto pada Desember 2020.

Karina Nadila tampil dengan kebaya Kutu terbaru berbahan renda dipadukan dengan panggung merah berbahan kain jumputan dan kain batik. Riasan minimal dan sedikit lipstik merah menambah kesan anggun pada penampilannya. Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. Adiniya Verasti dan Michael Wahl. Isyana Sarasvati yang manis dengan warna putih. Pernikahan Fay Nabila dengan pengantin modern. Canti Tachril dan Adipati Belati.

Pakaian adat dodotan terdiri dari sarung dengan atasan longgar dan dikenakan oleh laki-laki pada berbagai acara adat, termasuk pernikahan dan upacara adat lainnya.

Kostum Basahan merupakan kostum tradisional Jawa Tengah yang digunakan dalam pernikahan adat Jawa dan merupakan warisan budaya Matalan. Berbeda dengan pakaian adat lainnya, Basahan tidak menyertakan pakaian luar dan kosmetik Paes Ageng Kanigaran.

Pakaian tradisional yang sering dikenakan oleh wanita adalah kebaya. Kebaya umumnya terdiri dari berbagai jenis kain seperti brokat, katun, beludru, dan nilon. Di Jawa Tengah, kebaya hadir dalam dua gaya, panjang dan pendek. Bagian bawah biasanya dipadukan dengan zarik atau batik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D