0 0
Read Time:3 Minute, 44 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Oppo Indonesia akhirnya merilis Reno12 Series 5G di Indonesia. Smartphone dengan bodi dan layar kokoh ini dijual mulai Rp 6,9 jutaan.  Ada dua smartphone yang dirilis pada seri ini, yakni Oppo Reno12 Pro 5G dan Oppo Reno12 5G. 

Oppo Reno12 5G memiliki 2 pilihan memori: RAM 12GB + 12GB dengan memori internal 256GB dijual Rp 6.999.000 dan RAM 12GB + 12GB dengan memori internal 512GB dibanderol Rp 7.999.000. 

Sementara versi paling premium dari ketiganya, Reno12 Pro 5G hadir dalam satu pilihan penyimpanan, RAM 12 GB + 12 GB dengan memori internal 512 GB, dibanderol Rp 8.999.000. 

Tersedia untuk menyasar Gen Z hingga pengguna profesional, Oppo Reno12 Series 5G memiliki AI Generatif untuk kecerdasan buatan. 

PR Manager Oppo Indonesia Arga Bima Prosecutorna Putra mengatakan, Oppo berkomitmen menghadirkan AI kepada masyarakat yang tidak hanya tersedia di smartphone. 

Kata Arga pada acara peluncuran Reno12 Series 5G di Jakarta, Rabu (31/7/2024). 

Salah satu keunggulan performa dan kemampuan AI perangkat ini adalah penggunaan chipset MediaTek 7300 Energy. 

Beberapa teknologi AI yang dihadirkan antara lain berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas gambar. Misalnya, AI Eraser 2.0 memungkinkan pengguna menghapus beberapa orang yang muncul di gambar. 

“AI Eraser 2.0 sudah mengalami penyempurnaan dari versi sebelumnya, ketika digunakan untuk menghapus sesuatu harus memutar objek yang ingin dihapus. Pada AI Eraser 2.0, menghapus sesuatu bisa dilakukan dengan satu sentuhan,” ujar Arga dalam peluncurannya. . Oppo Reno12.

Hal ini dimungkinkan karena kemampuan untuk secara otomatis mengidentifikasi orang dan objek yang tidak diinginkan. 

 

 

Ada juga fitur AI Clear Face, untuk memastikan semua orang dalam foto grup (group selfie) akan tertangkap jelas dengan mengembalikan detail wajah, rambut, dan alis. 

Ada pula AI Best Face yang otomatis mengidentifikasi orang di foto hanya dengan sekejap. Hal ini dimungkinkan karena adanya teknologi AI untuk memperbaikinya. 

Oppo Reno12 Series juga memiliki AI Studio yang dapat membuat avatar digital dari foto pengguna, dengan gaya koboi, cyberpunk, dan lainnya. Hal ini dimungkinkan karena AI secara umum. 

Tak hanya kreativitas, Reno12 Series juga mendukung kreativitas pengguna berkat integrasi dengan Google Gemini (LLM) berupa AI Toolbox. 

AI Toolbox menggunakan kemampuan pengenalan untuk memahami konten yang ditampilkan di layar dan merekomendasikan fitur AI yang sesuai. 

Alat tersebut untuk membantu pengguna membuat konten yang cocok untuk diposting di media sosial atau merangkum konten artikel panjang. 

Pengguna juga dapat menggunakan AI Intelligence untuk mencatat ringkasan dengan membuat ringkasan teks dari kata-kata yang direkam dan menyusunnya menjadi catatan dengan informasi seperti catatan yang akan dibuat, waktu, lokasi, dan faktor lainnya. 

 

Reno12 Pro hadir dengan desain eksterior berwarna silver yang futuristik. Perangkat tersebut didukung kaca cermin berbahan Oppo Fluid Ripple Texture untuk menciptakan sensasi 3D seperti cairan mengalir. 

Efek paralaks yang digunakan memberikan gambar luar biasa dengan struktur halus seperti kaca, ciri khas seri Reno. 

Alat ini hadir dalam banyak pilihan warna. Misalnya saja Sunset Pink di Reno 125G. Lalu ada pilihan warna Matte Brown. 

Reno12 Pro 5G memiliki pilihan warna Space Brown. Untuk warna ini hadir desain two-tone matte dan gloss dengan dua bagian dipisahkan oleh strip logam horizontal di bagian belakang. 

 

Reno 12 Series hadir dengan layar berukuran 6,7 inci dengan refresh rate kuat 120Hz berkat inovasi layar Infinite View. Layar ini memiliki sisi melengkung dengan layar datar untuk pegangan tangan. 

Arga mengatakan layar Reno12 Series didukung teknologi Splash Touch yang memungkinkan layar tetap responsif terhadap sentuhan saat tangan pengguna basah. 

Layar ponsel ini didukung oleh Corning Gorilla Glass 7i yang memiliki perlindungan jatuh yang luar biasa. Sedangkan Reno12 Pro 5G didukung Corning Gorilla Glass Victus 2 yang merupakan perlindungan terkuat dari Seri Reno. 

Hal ini membantu perangkat Oppo Reno12 Series agar tahan terhadap benturan, terjatuh, tertekuk, atau tergores. 

Perangkat ini juga memiliki rating IP65 yang memberikan perlindungan terhadap debu dan air. Fitur utama seperti lubang, speaker, port USB Type C, dan slot kartu SIM ditingkatkan untuk membuat smartphone tahan air. 

 

Dari segi fotografi, Oppo Reno 12 mengemas sensor kamera utama 50MP, lensa lebar 8MP, dan makro 2MP. Sedangkan kamera selfienya 32MP. 

Berbeda dengan Oppo Reno 12 Pro 5G yang mengemas sensor kamera utama 50MP, kamera telefoto 50MP, dan kamera ultra wide 50MP. Triple sensor tersebut ditemani kamera selfie 50MP. 

Tiap Oppo Reno12 Series dibekali baterai berkapasitas 5000mAh dengan teknologi pengisian daya SuperVOOC 80W Flash. Dengan baterai sebesar ini, perangkat diklaim mampu mengisi daya hingga 100 persen hanya dalam waktu 47 menit. 

Oppo Reno 12 Series menjalankan sistem operasi ColorOS 14 berbasis Android 14. Ia memiliki fitur lain seperti NFC, sertifikasi IP65, dan serangkaian fitur AI lainnya. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D