0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

BEIJING – Para ilmuwan telah menemukan jenis bahan berpori baru yang mengandung molekul khusus yang dapat digunakan untuk memerangkap karbon dioksida dan gas rumah kaca kuat lainnya.

BACA JUGA – Thailand meminta warganya mewaspadai panas ekstrem

Artikel ini, yang digambarkan oleh para ilmuwan sebagai “sangkar di dalam sangkar”, dikembangkan di laboratorium oleh para peneliti di Inggris dan Tiongkok.

Pembuatannya melibatkan dua langkah: pertama, prisma segitiga ditempatkan bersama; dan kedua, balok-balok ini dirangkai menjadi sangkar tetrahedral yang besar dan sangat simetris. Proses tersebut menciptakan struktur sel yang belum pernah terlihat sebelumnya, menurut tim peneliti.

Komposisinya terdiri dari banyak molekul polar, yang memungkinkannya menarik dan menahan gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2) dengan ikatan yang kuat.

Selain itu, bahan ini menunjukkan kestabilan air di dalam air sehingga cocok untuk penggunaan karbon di industri yang sering melibatkan udara lembab atau basah.

“Ini menarik,” kata Marc Little, ilmuwan teknik di Universitas Heriot-Watt di Edinburgh dan penulis utama studi tersebut.

“Kita membutuhkan material berpori baru untuk membantu memecahkan masalah besar manusia, seperti menangkap dan menyimpan gas rumah kaca.” tambahnya seperti dilansir Science Alert, Jumat (10/5/2024).

Penemuan ini memberikan cara yang menjanjikan untuk memerangi perubahan iklim dengan menyediakan cara yang efisien dan efektif untuk menghilangkan gas rumah kaca dari atmosfer.

Bahan ini memiliki struktur molekul unik yang belum pernah terlihat sebelumnya, sehingga memungkinkannya menangkap gas rumah kaca secara efektif.

Penangkapan karbon yang baik, artikel ini menunjukkan hubungan kuat antara CO2 dan gas rumah kaca lainnya.

Stabilitasnya dalam air dalam kondisi lembab membuatnya cocok untuk aplikasi karbon industri.

Dengan adanya potensi untuk memerangi perubahan iklim, temuan-temuan ini memberikan pendekatan baru yang menjanjikan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memerangi perubahan iklim.

Penelitian ini membuka jalan bagi pengembangan material baru yang lebih efisien dalam menangkap dan menyimpan gas rumah kaca, sehingga dapat membantu mengurangi dampak manusia terhadap lingkungan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D