0 0
Read Time:6 Minute, 20 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Keindahan fauna selalu memikat hati banyak orang. Mulai dari mamalia lucu hingga reptil berwarna cerah, berbagai hewan memiliki daya tarik unik yang membuatnya begitu digandrungi. 

Kelucuan hewan-hewan tersebut seringkali menjadi daya tarik tersendiri yang mendorong wisatawan dari seluruh dunia untuk melihatnya. 

Mulai dari panda raksasa yang suka bermain di bambu hingga koala lucu yang selalu tampak mengantuk di antara pepohonan kayu putih, masing-masing hewan memiliki cerita dan keunikannya masing-masing.

Untuk mengetahui keberadaan hewan lucu tersebut, simak artikel berikut yang dirangkum azanimals.com pada Rabu (12/06/2024).

Quokka (Setonix brachyurus) juga dikenal sebagai walabi semak ekor pendek. Quokka adalah makhluk bulat kecil seperti kucing. Wajahnya tampak seperti persilangan antara tikus dan kelinci. Quokka adalah hewan berkantung yang aktif di malam hari dan membawa anak-anaknya di dalam kantongnya.  

Satu-satunya tempat tinggal quokka adalah Pulau Rottnest di lepas pantai Australia. Tempat ini adalah salah satu tempat paling terpencil di dunia. Namun saking populernya hewan ini hingga menjadi objek wisata. 

Kucing berkaki hitam (Felis nigripes), juga dikenal sebagai kucing tutul kecil, adalah kucing liar terkecil di Afrika dan salah satu kucing liar terbesar di dunia. Tinggi antara 14 dan 20 inci. Ia memiliki kaki berwarna hitam atau coklat tua dan bulu berbintik hitam.

Kucing liar lucu ini memiliki wajah bulat kecil dan telinga lancip. Berat anak kucingnya hanya tiga ons saat lahir. Kucing berkaki hitam adalah pemburu nokturnal, pemburu burung, hewan pengerat kecil, dan terkadang kelinci. Di Afrika, kucing kecil ini terkenal dengan keganasannya. Menurut legenda, kucing berkaki hitam bisa membunuh jerapah. 

Kucing berkaki hitam hanya ditemukan di Botswana, Namibia dan Afrika Selatan. Mereka hidup terutama di dataran berumput, semak belukar dan dataran berpasir, termasuk gurun Kalahari dan Karoo. Kebun Binatang Wuppertal, Kebun Binatang Cleveland Metropark, Kebun Binatang Brookfield, dan Kebun Binatang Philadelphia berhasil membiakkan kucing berkaki hitam di penangkaran.

Rubah adas (Vulpes zerda) adalah rubah kecil yang hidup di gurun Sahara. Hewan ini hidup di Maroko, Mauritania, Niger bagian utara, Mesir, dan Semenanjung Sinai. Telinganya yang besar membantunya menghasilkan panas, sehingga dapat bertahan hidup di iklim panas. Bulu tebal di kaki mereka juga dapat melindungi mereka dari panasnya pasir gurun. 

Hewan ini memakan burung kecil, hewan pengerat, buah-buahan dan reptil. Perwakilan terkecil dari keluarga anjing, rubah adas, hanya berbobot empat kilogram. Nama rubah menggemaskan ini diambil dari nama tim sepak bola nasional Aljazair, Les Fennecs. Rubah kecil ini merupakan spesies yang dilindungi di Aljazair, Mesir, Maroko, dan Tunisia.

Bulu babi adalah salah satu hewan paling menarik di darat dan di laut. Berang-berang laut (Enhydra lutris) merupakan mamalia laut yang hidup di pesisir Samudera Pasifik Utara. 90% ikan laut dunia hidup di Alaska.

Hewan ini memiliki wajah bulat kecil yang cenderung berbaring telentang dengan posisi lucu. Yang lebih lucu lagi, berang-berang laut diketahui berpegangan tangan sambil mengapung bersama di air.

Sayangnya, ikan laut telah ditangkap hingga hampir punah dan populasinya belum sepenuhnya pulih. Saat ini mereka termasuk dalam kategori hewan langka.

Chevrotain (Tragulidae), juga dikenal sebagai kancil. Chevrotain berasal dari daerah hangat di Asia Tenggara, India dan sebagian Afrika. Chevrotain adalah mamalia berkuku terkecil di dunia. Para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan kembali spesies chevrotain yang telah hilang dari ilmu pengetahuan selama hampir 30 tahun.

Ada beberapa jenis chevrotain dan semuanya berukuran kecil. Tergantung pada spesiesnya, chevroton dapat memiliki berat antara 4 hingga 33 pon. Yang terkecil adalah chevrotain Malaya kecil dan yang terbesar adalah chevrotain air.

Hewan lucu ini bentuknya seperti rusa kecil berwajah tikus. Namun, hewan menakjubkan ini terancam oleh perusakan habitat dan perburuan.

Makhluk kecil ini terkenal dengan tubuhnya yang bulat, runcing, dan wajahnya yang imut. Landak (Erinaceusis) merupakan perwakilan dari keluarga Erinaceinae.

Makhluk lucu ini hidup di Eropa, Asia dan Afrika, tidak ada landak di Australia atau Amerika Utara. Landak berukuran kecil, namun memiliki gigi dan duri yang tajam sebagai pertahanan, sehingga menyulitkan predator untuk menangkap dan memakannya.

Meskipun landak bukan hewan asli Amerika Utara, mereka telah menjadi populer sebagai hewan peliharaan di Amerika, hewan peliharaan yang paling umum adalah landak kerdil Afrika. Landak ini berharga antara $100 dan $300, tetapi beberapa negara bagian melarang hewan peliharaan, seperti Georgia, California, Hawaii, dan Pennsylvania.

Axolotl (Ambystoma mexicanum) atau ikan berjalan Meksiko berkerabat dengan salamander harimau. Terlepas dari namanya, hewan ini bukanlah ikan, melainkan reptil. Axolotl memiliki panjang 6 hingga 14 inci. Hewan ini masuk dalam daftar hewan lucu karena wajahnya yang kecil dan senyumannya yang lucu. 

Menurut para ilmuwan, axolotl memiliki sifat yang disebut neoteny, yang berarti mereka terlihat seperti bayi sepanjang hidupnya. Axolotl juga memiliki pelengkap berbulu yang menyerupai ular boa berbulu. Sayangnya, hewan menarik ini terancam punah. Upaya konservasi dan program pemuliaan telah berhasil memulihkan populasi axolotl di danau-danau Meksiko.

Meerkat (Suricata suricatta) bukanlah sejenis kucing. Hewan ini sebenarnya adalah seekor luwak berukuran kecil. Berasal dari Afrika Selatan, meerkat memiliki mata besar dan ekor panjang. Meerkat memiliki tingkah laku yang sangat lucu, termasuk duduk tegak dengan kaki belakangnya.

Meerkat memiliki panjang sekitar 14 inci dengan ekor yang panjang. Meerkat adalah hewan yang sangat sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut “massa” yang terdiri dari dua atau tiga ekor meerkat. Kelompok-kelompok ini tinggal di liang bawah tanah mereka. Meerkat dapat ditemukan di cagar alam di Afrika dan kebun binatang di seluruh dunia.

Panda merah (Ailurus fulgens) berasal dari Himalaya timur dan Tiongkok barat daya. Makhluk cantik ini terlihat seperti persilangan antara rubah dan panda raksasa, namun bukan keduanya. Panda ini lebih mirip rakun atau sigung.

Panda merah memiliki bulu merah tebal dan ekor berbulu halus bergaris. Wajahnya yang nakal dan kepribadiannya yang manis menjadikannya hewan favorit orang-orang yang mengunjungi kebun binatang dan cagar alam.

Sayangnya, panda merah kini terancam punah. Seperti panda raksasa, mereka hanya memakan bambu, dan hilangnya habitat telah menyebabkan populasinya menurun drastis. Namun, beberapa kebun binatang berhasil membiakkan panda merah. Kebun Binatang Knoxville di Tennessee memegang rekor jumlah kelahiran panda merah terbesar di Amerika Utara.

Marmoset kecil (Callithrix pygmaea) adalah monyet kecil yang hidup di hutan Amazon Amerika Selatan. Hewan ini merupakan monyet dan salah satu primata terkecil di dunia. Marmoset kecil biasanya memiliki berat lebih dari tiga ons. Nama lainnya adalah monyet saku, anak singa kecil, dan monyet kecil.

Hewan kecil ini memiliki wajah yang lucu dan bulu yang halus. Bulu monyet yang tebal membuatnya terlihat lebih besar untuk menakuti predator. Marmoset kerdil hidup di Kolombia, Brasil, Ekuador, dan sebagian Bolivia.

Meski bisa dikatakan hewan ini termasuk salah satu hewan terlucu di dunia dan tidak terancam punah, namun monyet ini kerap menjadi korban perdagangan hewan peliharaan ilegal.

Kecil dan imut adalah deskripsi yang tepat untuk Quokka. Biasa ditemukan di Australia Barat, hewan ini juga dikenal sebagai “hewan paling bahagia di dunia” karena senyuman yang selalu ada di wajahnya. Quokka (Setonix brachyurus) adalah mamalia yang termasuk dalam keluarga kanguru dan walabi.

Meskipun tapir memiliki otot yang kuat dan tubuh yang besar, mereka termasuk salah satu hewan paling pemalu di dunia. Karena sifatnya yang pemalu, tapir sulit ditemukan di alam liar. Saat bertemu orang, tapir langsung bersembunyi di balik semak untuk menghindari kontak. Selain tapir, ada burung kiwi yang terkenal dengan sifat pemalunya.

Vaquita (Phocoena sinus) merupakan hewan paling langka di dunia. Spesies lumba-lumba ini berada di ambang kepunahan dan hanya ditemukan di ujung barat laut Teluk California di Meksiko. Saat ini, hanya tersisa 18 orang. Menurut para ilmuwan, tanpa tindakan konservasi yang efektif, vaquita bisa punah dalam waktu sepuluh tahun.

Angsa dikenal sebagai hewan yang sangat setia, hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Sepasang angsa, jantan dan betina, bekerja sama sebagai satu keluarga untuk merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Kelinci merupakan salah satu hewan paling pendiam di dunia karena tidak memiliki pita suara seperti siput dan cacing.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D