0 0
Read Time:52 Second

SAN JOSE – Kosta Rika mengumumkan keadaan darurat nasional pada 7 Februari 2024 akibat wabah larva lalat pemakan daging yang dikenal sebagai New World Screwworm (NWS).

Baca juga – Bakteri Pemakan Daging Guncang Amerika, Kasus Infeksi Meningkat Dengan Cepat

Seperti dilansir IFL Science pada Selasa (9/4/2024), wabah tersebut telah berlangsung selama hampir tujuh bulan dan jumlah serangga pemakan daging ini terus meningkat.

Lalat NWS (Cochliomyia hominivorax) berasal dari Amerika Utara dan Selatan. Lalat ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada ternak, hewan peliharaan, dan bahkan manusia. Lalat ini bertelur di dalam luka terbuka mamalia (dan terkadang burung). Setelah menetas, larva menggali jauh ke dalam jaringan hidup, menyebabkan infeksi yang menyakitkan, kerusakan jaringan, dan kematian.

Meskipun ada upaya pengendalian, jumlah NWS di Kosta Rika terus meningkat. Pada bulan Maret 2024, kasus pertama infeksi NWS pada manusia dilaporkan. Ini merupakan kasus pertama di negara tersebut.

Namun, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) berhasil memberantas NWS di Amerika Utara pada tahun 1960an. Upaya bersama pemerintah Kosta Rika dan USDA akan “mencegah, mengendalikan, dan memberantas” populasi NWS di Kosta Rika.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D