0 0
Read Time:4 Minute, 12 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Apa itu Komcad? Mungkin konsep ini masih asing bagi sebagian orang, namun kehadirannya sangat penting dalam memperkuat pertahanan negara. Sebagai komponen cadangan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memegang peranan penting ketika negara berada dalam ancaman. Oleh karena itu, memahami ComCAD adalah langkah awal untuk memahami betapa pentingnya perannya dalam sistem pertahanan kita.

Apa itu Komcad? Pada hakikatnya Komcad adalah warga negara yang menjadi sukarelawan dalam pelatihan dan siap membantu elemen kunci pertahanan negara. Mereka telah menjalani pelatihan dasar militer selama tiga bulan dan dibekali dengan berbagai keterampilan untuk menghadapi situasi kritis. Selain itu, mereka juga menikmati banyak manfaat menarik selama pelatihan dan pengoperasian.

Lalu apa itu Komcad? Lalu apa saja tugas dan manfaatnya? Banyak orang yang tidak menyadari bahwa menjadi bagian dari Komcad tidak hanya memberikan pengalaman pelatihan militer yang berharga tetapi juga berbagai manfaat seperti uang saku, tunjangan operasional dan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja. 

Untuk lebih jelasnya dianrakyat.co.id rangkum informasinya pada Rabu (24/7) berikut dari berbagai sumber tentang pentingnya, tugas, dan manfaat Comcad.

Komponen cadangan (Komcad) merupakan bagian dari sumber daya nasional yang diciptakan untuk meningkatkan dan memperkuat komponen utama yaitu kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berdasarkan UU No. Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara 23 Tahun 2019 Komcad mencakup beberapa kategori seperti Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam Komcad, Sumber Daya Buatan Komcad dan Sarana dan Prasarana Komcad.

Comcad berperan penting dalam membantu negara dalam keadaan darurat, baik darurat militer maupun bencana alam. Konsolidasi Comcad untuk kepentingan pertahanan negara hanya dapat dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Penting untuk dicatat bahwa COMCAD bukanlah program militer wajib. Program ini bersifat sukarela dan diatur dalam UU No. 23 Tahun 2019.

Setelah pelatihan dan penunjukan sebagai anggota Comcad, mereka kembali ke masyarakat dan melanjutkan pekerjaan mereka sambil tetap mempertahankan status sipil. Anggota Komcad menjalani pelatihan dasar kemiliteran agar siap bila diperlukan, namun tidak bertugas sebagai personel militer aktif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, Komcad berperan sebagai cadangan yang siap dikerahkan kapanpun negara membutuhkan tambahan dukungan pertahanan dan keamanan.

TUGAS ATAU KEWAJIBAN KOMPONEN CADANGAN (COMCAD) UNDANG-UNDANG NO. 41 diatur secara tegas dalam Pasal 41 Undang-undang 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. Sebagai bagian integral dari sistem pertahanan negara, Komcad bertanggung jawab untuk selalu siap dan siap siaga setiap saat dalam panggilan atau mobilisasi negara. Komcad bukan sekedar program sukarela namun merupakan perwujudan komitmen warga negara dalam melindungi dan mempertahankan kedaulatan dan keamanan NKRI.

Kewajiban yang harus dipenuhi oleh anggota Komcad adalah: Kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila dan UUD 1945: Setiap anggota Komcad wajib menunjukkan kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai dasar negara. Landasan konstitusi negara. Pelestarian Persatuan dan Integritas Nasional: Anggota COMCAD diharapkan berkontribusi aktif dalam menjaga persatuan dan integritas nasional serta menciptakan keharmonisan antar keberagaman yang ada di masyarakat. Mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan: Komcad harus mematuhi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia sebagai wujud kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang ada. Melaksanakan Tugas dengan Penuh Dedikasi: Komcad hendaknya melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi, kejujuran, kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap negara. Tunjukkan Integritas dan Keteladanan: Anggota Komcad diharapkan menjadi teladan dalam sikap, perilaku, perkataan dan tindakan, di masyarakat, dan dalam menjalankan tugasnya. Menghadiri Pelatihan Penyegaran: Agar tetap siap, anggota ComCAD harus menghadiri pelatihan penyegaran untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan mereka dalam melakukan tugas jika diperlukan. Memenuhi seruan mobilisasi: Anggota Comcad harus siap dan bersedia memenuhi seruan mobilisasi suatu negara dalam situasi yang memerlukan penguatan pertahanan.

Sebagai anggota Reserve Constituency (Comcad), peserta menikmati sejumlah manfaat yang mencakup berbagai aspek kesejahteraan. Dalam Pasal 42 UU No. Dalam Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara tanggal 23 Tahun 2019 dijelaskan bahwa anggota Komcad mempunyai beberapa hak yang merupakan imbalan atas kerja sama dan kesiapannya dalam mendukung pertahanan negara.

Berikut rincian yang didapat anggota Komcad: Tunjangan selama pelatihan: Anggota Komcad mendapat tunjangan pada saat mengikuti pelatihan dasar kemiliteran. Uang jajan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pelatihan. Tunjangan Operasional Mobilisasi: Ketika Comcad dimobilisasi untuk misi tertentu, mereka menerima tunjangan operasional sebagai kompensasi atas partisipasi mereka dalam operasi tersebut. Pelayanan Kesehatan: Anggota Comcad menerima pelayanan kesehatan. Ini mencakup perawatan medis yang diperlukan selama masa pelatihan dan operasional. Asuransi Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian : Komcad dilindungi oleh Asuransi Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Artinya mereka atau keluarganya akan mendapatkan santunan jika terjadi kecelakaan atau kematian dalam menjalankan tugas. Penghargaan: Anggota Komcad juga berhak mendapatkan penghargaan atas komitmen dan partisipasinya dalam program Komcad.

Namun perlu diingat, dalam undang-undang tersebut tidak disebutkan berapa besaran uang jajan atau tunjangan yang akan diterima anggota Comcad. Menurut Kompas.com, berbeda dengan anggota TNI, negara tidak mengeluarkan biaya untuk membayar gaji dan tunjangan lainnya kepada anggota Komcad. Dengan kata lain, Komkadovac tidak menerima gaji tetap seperti anggota aktif militer.

Dalam hal ini UU No. 23 Tahun 2019 Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) tidak merinci berapa besaran gaji atau tunjangan Komcad. Meski demikian, berbagai manfaat yang diberikan tetap merupakan bentuk penghormatan dan kompensasi atas kesediaan mereka mendukung pertahanan negara.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D