0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Aktris Alice Norin mengumumkan kepada publik bahwa dirinya didiagnosis menderita sarkoma yang terletak di perut. Terungkap bahwa Alice menjalani operasi pengangkatan sarkoma rahim setelah didiagnosis mengidap penyakit tersebut pada Desember 2023.

Kanker usus besar merupakan subtipe sarkoma, yaitu jenis kanker yang berasal dari jaringan lunak tubuh. Sarkoma adalah jenis kanker yang tidak menyerang tulang, jaringan ikat, atau area seperti pembuluh darah, otot, saraf, atau lemak. 

Richard Quek, ahli onkologi medis di Singapore Parkway Cancer Centre, menjelaskan perbedaan sarkoma rahim dan karsinoma rahim normal. Perbedaannya terletak pada jenis sel rahim yang terlibat.

“Pada kanker rahim, tumor berasal dari sel-sel di tengah rahim, sedangkan sarkoma rahim tumbuh di jaringan dalam rahim, seperti otot dan jaringan ikat,” kata Quek pada konferensi pers baru-baru ini yang diselenggarakan oleh Parkway Cancer. Tengah. .

Bahkan dari segi tingkat amarahnya, keduanya berbeda. Kanker rahim adalah jenis kanker yang agresif dan pertumbuhannya cepat, sedangkan sarkoma rahim adalah jenis kanker yang pertumbuhannya lambat. Kasus sarkoma uterus sangat jarang terjadi, dengan kejadian tahunan sekitar tiga persen.

Wanita harus mewaspadai beberapa gejala sarkoma rahim, seperti pendarahan pascamenopause (31-46 persen), pendarahan tidak teratur (27-34 persen), rasa penuh pada rahim, dan gangguan buang air kecil. . Namun, tidak ada tanda-tandanya.

Secara umum, pengobatan terbaik untuk mengobati berbagai jenis sarkoma adalah pendekatan multidisiplin atau multifaset yang menggabungkan pembedahan, radiasi, dan kemoterapi. Namun kanker sarkoma rahim hanya memerlukan pembedahan, tanpa radiasi atau kemoterapi, menurut Quek.

Meski tindakan medis yang dilakukan berhasil, namun tingkat kekambuhan sarkoma uterus pada pasien bisa mencapai 50 persen. Selain itu, belum ada cara efektif untuk mencegah kanker sarkoma rahim. Alasan pastinya tidak diketahui. 

Ketika seorang pasien didiagnosis menderita sarkoma uterus, pengangkatan sarkoma secara total harus dilakukan. Jika sarkoma berukuran besar, ada pilihan untuk mengangkat tumornya, namun hal ini tergantung keputusan pasien dan keluarga.

“Terkadang sarkoma bisa tumbuh begitu besar sehingga tidak mungkin mengeluarkan darahnya dengan operasi. Quek.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D