0 0
Read Time:4 Minute, 57 Second

JAKARTA – Pendaftaran rekrutmen pengembangan profesi guru berkualitas tahun 2024 telah dimulai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan informasi Program Kebutuhan Guru.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program yang mempersiapkan guru-guru baru yang berkarir menjadi pendidik profesional.

PPG prajabatan merupakan program pendidikan bagi sarjana dan lulusan D4 yang telah menyelesaikan suatu bidang akademik atau nonakademik setelah program gelar (S1) atau program gelar terapan (D4).

Baca Juga: Lulusan Tak Berpendidikan Ingin Jadi Guru? Beginilah caranya

Solusinya adalah dengan mendaftar menjadi guru melalui program Prajabatan PPG 2024 bagi generasi muda yang ingin menjadi guru dan mencintai anak serta dunia pendidikan.

Tahun ini rekrutmen guru pendidikan vokasi lebih banyak. Pendaftaran PPG layanan pra tahun 2024 berlaku mulai tanggal 4 April hingga 15 Mei 2024.

Baca juga: Program PPG Prajabatan Buka Peluang Pemahaman dan Pengembangan Diri Guru.

Mahasiswa terpilih pada Program PPG Prajabatan 2024 akan mendapatkan beasiswa selama dua semester atau satu tahun biaya kuliah. Namun peserta tetap harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000.

Berikut informasinya diambil dari laman PPG Kemendikbud.

Persyaratan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan 2024

1. Warga negara Indonesia

2. Tidak terdaftar sebagai guru/kepala sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);

3. Harus telah mencapai usia 32 tahun pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;

4. Memiliki gelar (S-1) atau ijazah keempat (D-IV) yang terdaftar pada database perguruan tinggi (PD-Dikti) atau terdaftar pada database satuan diploma luar negeri lulusan perguruan tinggi di luar negeri;

5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00;

6. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat pendaftaran);

7. Harus mempunyai surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat melamar);

8. Wajib memiliki surat keterangan bebas Narkotika, Psikoaktif, dan Zat Adiktif Lainnya (MEDNB) (disampaikan pada saat pelaporan);

9. Menandatangani Perjanjian Integritas;

10. Menghadiri semua babak seleksi

Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi PPG Pra Dinas 20241. Pelamar harus memiliki alamat email (email) aktif dan nomor ponsel (ponsel) aktif yang terhubung dengan WhatsApp.

2. Pelamar harus login ke https://ppg.kemdikbud.go.id, pilih “Daftar PPG Pra-Layanan” dan pilih “Daftar sebagai Peserta”.

3. Pendaftar akan membuat akun pendaftaran Aplikasi SIMPKB dengan menggunakan alamat email yang aktif. Pendaftar kemudian akan menerima email dengan tautan untuk mengonfirmasi pendaftaran mereka. Klik tautan tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran.

4. Pemohon harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Keluarga, Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir. Pada tahap ini dilakukan pengecekan NIK, Nama, Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir secara otomatis. Jika informasi calon mahasiswa dinyatakan valid dan terpenuhi 1 banding 1 maka akun berhasil dibuat. 3.

5. Login pada aplikasi SIMPKB menggunakan username dan password yang Anda buat saat memulai pendaftaran untuk melanjutkan pendaftaran. Calon siswa mengisi kolom di bawah ini.

A. informasi pribadi;

B. informasi siswa;

C. bidang penelitian PPG;

Dia menyukai area layanan;

D data pendukung lainnya seperti pelatihan, hosting, kerelawanan, pelatihan/pengembangan lainnya, hobi;

F. esai;

G. Mengunggah dokumen mencakup hal-hal berikut:

1) Pas foto terbaru berseragam (kemeja putih, dasi hitam, rambut bersih, syal hitam bagi pemakai hijab), background biru. Ukuran file maksimum adalah 1 MB.

2) Menandatangani perjanjian jujur ​​di atas materai Rp 10.000,00

3) Mahasiswa yang hendak mengejar gelar di luar negeri harus mengunggah copy dan copy Surat Keterangan Kesetaraan Asing dari universitas asal.

6. Verifikasi data mahasiswa dan linearitas jalur PPG terpilih pada silabus S-1/D-IV akan dilakukan secara sistematis dan apabila dinyatakan valid/linier calon dapat membayar biaya seleksi. Biaya pendaftaran. Apabila salah/isi maka proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

7. Kandidat wajib membayar biaya pendaftaran seleksi ujian utama (Ujian Tahap II) setelah menyatakan seluruh data administrasi memenuhi syarat. Pada langkah ini, kandidat akan diminta untuk memilih lokasi fisik ujian (Location

TÜK) tergantung lokasinya.

Setelah memilih lokasi tes, segera kirimkan kode pembayaran dan kunci sementara lokasi tes. Mekanisme pembayaran dilakukan sesuai petunjuk yang diberikan pada aplikasi SIMPKB. pembayaran

Slot tempat tes dikunci sepenuhnya bagi yang dipastikan berhasil.

8. Pelamar akan mencetak kartu ujian melalui SIM PKB dengan syarat menyelesaikan seluruh soal esai dalam waktu pencetakan kartu ujian. Kartu ujian mencantumkan jadwal dan tempat ujian untuk mengikuti ujian utama secara offline.

9. Pemeriksaan realitas terhadap peserta terpilih;

10. Pengumuman hasil ujian dapat dilihat di aplikasi SIMPKB menggunakan akun masing-masing yang terdaftar;

11. Kandidat yang dinyatakan lulus ujian akan menerima informasi jadwal wawancara melalui akun yang terdaftar di aplikasi SIMPKB;

12. Mengikuti tes wawancara online menggunakan ruang pertemuan virtual yang disediakan kepada peserta terpilih;

13. Setiap akun yang terdaftar dapat melihat notifikasi hasil wawancara pada aplikasi SIMPKB;

14. Peserta terpilih yang lolos wawancara akan ditempatkan pada perguruan tinggi sesuai jurusan yang dipilih oleh PPG;

15. Sesuai jadwal konfirmasi, mengkonfirmasikan calon mahasiswa bersedia mengikuti pelatihan persiapan di perguruan tinggi yang tertera pada aplikasi SIMPKB;

16. Administrasi Umum GTK akan menetapkan peserta didik pada Pra Diklat Tahun 2024 sesuai Kuota Terbuka Nasional.

Jam, Lokasi dan Biaya Edukasi Konservasi PPG 2024

Perkuliahan PPG persiapan dilaksanakan selama 2 semester di LPTK yang diselenggarakan oleh PPG sesuai dengan tempat kerja yang dipilih calon mahasiswa.

Biaya kuliah per semester adalah Rp 8.500.000,00. Hibah diberikan dalam bentuk biaya pendidikan bagi mahasiswa PPG usia prajabatan 2024 yang telah menyatakan kelayakan.

Rp 17.000.000,00 untuk 2 semester atau 1 tahun perkuliahan.

Jadwal seleksi

1. Pendaftaran Ujian: 4 April s/d 15 Mei 2024

2. Pemberitahuan Seleksi Administrasi: 27 Mei 2024

3. Pencetakan Tiket: 27 Mei s/d 7 Juni 2024

4. Pelaksanaan Ujian Utama : 3-7 Juni 2024

5. Pemberitahuan kelulusan ujian: 20 Juni 2024

6. Pengumuman Jadwal Wawancara : 24.06.2024

7. Tes Wawancara: 1-31 Juli 2024

8. Pemberitahuan Seleksi: 14 Agustus 2024

9. Konfirmasi minat mengikuti PPG Pra Dinas 2024: 15-18 Agustus 2024

10. Identifikasi peserta pelatihan sebelum tahun 2024: 23 Agustus 2024.

11. Laporan Mandiri PPG Pra Dinas LPTK Bagi Siswa : 26-31 Agustus 2024

12. Orientasi Mahasiswa : 2-6 September 2024

13. Perkuliahan Persiapan PPG 2024 Dimulai : 9 September 202

PPG Prajabatan 2024 memiliki 37 bidang studi. Arab, Biologi, IPA, IPS, Agribisnis Perikanan, Agribisnis Peternakan, Sandang dan Sejarah.

Panduan prapendaftaran PPG Jakarta 2024 tersedia di ppg.kemdikbud.go.id/prakerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para guru di masa depan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D