0 0
Read Time:2 Minute, 54 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Gunung Ranti – Jawa Timur, Indonesia. Gunung Ranti merupakan salah satu puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Ijen, berada pada ketinggian 2.660 meter di atas permukaan laut, terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Secara umum seperti gunung, Gunung Ranti berbentuk kerucut, sedikit lebih rendah. Panorama alam gunung ini sangat mengagumkan. Apalagi di puncaknya, pengunjung serasa berada di tengah lautan awan.

Gunung berbentuk kerucut ini terletak di barat daya Gunung Merapi (Jawa Timur) dan Gunung Ijen. Bangga membanggakan tanah Blambangan, gunung ini menjadi tempat favorit para pendaki karena pemandangan alamnya yang indah. 

Pemandangan matahari terbit di Gunung Ranti saat langit cerah sungguh menakjubkan. Langit merah muda dan awannya tampak seperti lukisan. Namun butuh kerja keras untuk mencapai klimaks karena tidak mudah.

Banyak yang perlu diketahui tentang Gunung Ranti mengenai lokasi dan ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Ranti yang dilansir dianrakyat.co.id pada Kamis, 6 Maret 2024.

1. Anda memiliki nama yang berbeda 

Menurut laman Salsa Visata, Gunung Ranti dikenal dengan beberapa nama lain. Ada yang menyebutnya Monte Rante, namun ada pula yang keliru menyebutnya Monte Meranti. Karena di Kalimantan ada gunung yang mirip Gunung Meranti, banyak yang menyebutnya Gunung Ranti. 

 

Gunung Ranti terletak di dekat kawasan kawah Ijen dan merupakan salah satu puncak tertinggi Pegunungan Ijen, dengan ketinggian 2601 meter di atas permukaan laut. Perjalanan dari pusat kota banyuwangi menuju kawasan Gunung Ranti memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor.

3. Titik awal pendakian Gunung Ranti.

Jalur pendakian menuju Gunung Ranti sangat terjal, jauh lebih terjal dibandingkan jalur pendakian menuju Gunung Ijen dan kawasan wisata Kawah. Namun jalur pendakian ini cocok untuk pendakian bahkan bagi wisatawan umum sekalipun.

Titik awal perahu berjarak 50 meter untuk mendaki Paltuding atau Gunung Ijen. Berdasarkan laman travel buddies, wisatawan juga bisa memilih jalur Banyuwangi atau Bondowoso, sehingga akan lebih mudah memilih jalur untuk mengakses gunung Ranti.

Dari banyuwangi wisatawan dapat menemukan dan melanjutkan perjalanan melalui desa Jambu kemudian mengikuti penunjuk arah menuju Ijen. Sedangkan dari Bondovoso wisatawan bisa melewati desa Sumbervringin, kemudian melewati desa Sempol, dari sana tiket masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya.

Tempat wisata alam banyuwangi yang satu ini sangat populer karena kawasan ini selalu menjadi kawasan kunjungan Turnamen Tur Internasional Wisata Olah Raga Ijen Banyuwangi. Acara ini disponsori oleh International Cycling Association Banyuwangi Bike Race. Jalur perlombaan ini dimulai dari desa Ijen dan berakhir di gunung Ranti.

5. Anda bisa berkemah di Gunung Ranti

Jika Anda ingin merasakan segarnya udara pegunungan, berkemah adalah ide yang tepat. Anda bisa mendirikan tenda di lokasi perkemahan yang luas dan mampu menampung puluhan tenda.

Sensasi tidur di udara terbuka memang menjadi pengalaman tersendiri, namun persiapkan matang-matang dengan logistik makanan dan pakaian hangat, karena di sini selain udaranya dingin, anginnya juga kencang dan bisa menembus kulit. Oleh karena itu, seseorang dapat menikmati suasana malam di pegunungan dengan menyalakan api.

Selain aktivitas pendakian gunung untuk menjelajahi alam dan trekking, destinasi wisata alam ini menawarkan atraksi lain yang hanya bisa ditemukan di Gunung Ranti. Anda juga bisa mengunjungi pemukiman asli suku Osing.

Mayoritas masyarakat di sini adalah suku Osing, suku asli banyuwangi. Masyarakatnya hidup dengan tradisi dan budaya suku Osing yang diwariskan oleh nenek moyang mereka secara turun temurun.

Untuk melestarikan identitas budayanya, mereka berbicara menggunakan bahasa Osing. Mereka juga tinggal di rumah adat warisan nenek moyang yang disebut Ruma Osing.

Hal seru lainnya yang bisa dilakukan sambil menjelajah alam adalah mencicipi kuliner legendaris khas banyuwangi yang super lezat. Aneka masakan legendaris ini pastinya merupakan buatan masyarakat Osing.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D