0 0
Read Time:3 Minute, 39 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Seorang pakar kesehatan mengeluarkan peringatan tentang gejala kaki yang “tidak menyenangkan” yang bisa menjadi tanda peringatan beberapa penyakit mematikan – termasuk penyakit jantung dan ginjal.

Dr. Dana Brems, seorang dokter anak yang berbagi wawasannya di TikTok, menyebut edema sebagai indikator “umum” dari masalah kesehatan serius ini. Dalam tanggapan video terhadap postingan pengguna lain yang menunjukkan pengalamannya sendiri dengan pad edema, Dr. Brems, yang juga dikenal secara online sebagai Foot Doc Dana, menjelaskan tanda yang meresahkan ini secara rinci.

Video aslinya menunjukkan seseorang menekan jari kaki ke kakinya sebanyak enam kali, meninggalkan lekukan yang terlihat seperti lubang di kulit. dr. Brems menjelaskan, “Ini adalah pitting edema. Perhatikan bahwa saat dia menekan, ada pitting di sini.” 

Ia kemudian menjelaskan bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh penumpukan cairan, yang dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, namun sebagian besar disebabkan oleh masalah jantung atau ginjal, lapor Express.

Untuk memeriksa pitting edema, Dr. Brems menyarankan untuk memberikan tekanan pada kaki dan pergelangan kaki. Penyok yang berlangsung lebih dari beberapa detik harus menjadi perhatian. dr. Brems menunjukkan bahwa gagal jantung dan penyakit ginjal adalah penyebab umum edema.

Pada gagal jantung, jantung yang lemah dapat gagal mengedarkan darah secara efektif sehingga menyebabkan cairan menumpuk di jaringan tubuh seperti kaki. Demikian pula, penyakit ginjal dapat menyebabkan pitting edema karena ketidakmampuan ginjal membuang kelebihan air dan garam, sehingga mengakibatkan retensi cairan.

Namun, ada beberapa penyebab serius lainnya dari edema. Mayo Clinic di AS mencantumkan masalah lain berikut ini sebagai kemungkinan penyebab edema:

 

1. Kerusakan hati

Kerusakan hati akibat sirosis dapat menyebabkan penumpukan cairan di perut dan kaki, katanya. Penumpukan cairan di daerah perut ini dikenal sebagai asites.

2. Kerusakan pembuluh darah

Kerusakan pada katup memungkinkan darah berkumpul di pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan, jelas Mayo Clinic.

3. Penggumpalan darah

Dikatakan: “Pembengkakan tiba-tiba pada salah satu kaki, diikuti nyeri pada otot betis, mungkin disebabkan oleh bekuan darah di salah satu pembuluh darah kaki. Hal ini memerlukan perhatian medis “segera”.

4. Kerusakan sistem limfatik

“Ada masalah pada sistem dalam tubuh yang membersihkan kelebihan cairan dari jaringan,” ujarnya. “Jika sistem limfatik tubuh rusak, seperti akibat operasi kanker, maka alirannya mungkin tidak berjalan dengan baik.

5. Kurangnya protein

Mayo Clinic menambahkan, “Defisiensi protein jangka panjang yang parah. Defisiensi protein ekstrem dalam makanan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan edema.” Jika terjadi edema atau pembengkakan yang tidak diketahui penyebabnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Jika Anda sedang berusaha menjaga berat badan atau menurunkan berat badan, Anda pasti tahu bahwa nutrisi merupakan komponen yang sangat penting.

Pilihan makanan saat berdiet sangatlah penting, karena makanan yang Anda makan memainkan peran besar dalam mencapai tujuan kesehatan dan berat badan yang Anda inginkan.

Memilih makanan padat nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein berkualitas tinggi adalah kunci diet Anda.

Makanan yang tepat tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan energi dan menjaga keseimbangan emosi

Memang baik untuk mengurangi makanan yang kurang bergizi, namun menurut Taila, yang merupakan pelatih penurunan berat badan online, ahli gizi dan ahli diet yang menggunakan @DietitianTaila di Instagram dan TikTok, ada beberapa makanan yang mungkin tidak Anda sadari. mereka dapat menghalangi tujuan penurunan berat badan dan kebugaran Anda.

Menurut Tayla, tidak satu pun dari pilihan makanan ini yang benar-benar ‘buruk’, hanya saja ‘diam-diam tinggi kalori’.

Jadi, jika berat badan Anda bertambah tanpa kepastian, atau Anda tidak mendapatkan hasil penurunan berat badan meskipun sudah melakukan diet dan olahraga, Anda perlu melihat kembali daftar makanan Tyla.

Dan berikut 10 makanan teratas yang diam-diam bikin berat badan bertambah, seperti dimuat majalah Best Life, Kamis (18 April 2024).

Lagi…

Apapun jenis olahraga yang Anda lakukan, Anda perlu menunjang tubuh Anda dengan nutrisi yang baik.

Termasuk mengonsumsi makanan yang tepat sebelum, saat, dan setelah olahraga, sebenarnya tidak serumit yang Anda bayangkan.

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat untuk memulihkan energi, memperbaiki otot yang rusak, dan mendukung pemulihan secara keseluruhan.

Anda tidak boleh “menyia-nyiakan” olahraga karena olahraga secara alami memiliki banyak manfaat, dan pengaturan waktu asupan nutrisi dapat mengubah manfaat tersebut secara signifikan.

Meski tanpa pola makan yang ideal, otot Anda akan tetap kuat, jantung Anda akan tetap sehat, rutinitas peregangan Anda akan tetap meningkatkan kelenturan Anda, dan lain sebagainya.

Jadi tidak, jangan buang waktu Anda. Anda mungkin akan melihat hasil yang lebih baik jika Anda melakukan hal yang benar dalam mengatur pola makan.

Secara umum, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi pasca-latihan untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk pemulihan optimal.

Lagi…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D