0 0
Read Time:1 Minute, 15 Second

dianrakyat.co.id, Lagu anak Jakarta khususnya lagu-lagu di Indonesia mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya adalah untuk mengajarkan nilai-nilai positif dalam hidup kepada anak.

“Jika Anda mengulang suatu lagu berulang kali, maka secara otomatis lagu tersebut akan diputar.” “Saat kita menyanyikan sebuah lagu, lirik lagu tersebut terkunci di alam bawah sadar kita,” kata psikolog klinis Efni Indrani, dosen di Marathon Christian University.

Kata-kata dalam lagu tersebut terkunci dalam kesadaran seseorang sebelumnya, sehingga dapat mempengaruhi keadaan emosinya. Oleh karena itu, lirik yang bagus, Penting untuk memilih lagu untuk anak yang bersifat memotivasi dan bermanfaat untuk menanamkan nilai-nilai moral yang positif.

“Ketika nilai-nilai tersebut ditanamkan melalui lagu dan dinyanyikan berulang-ulang, tanpa disadari mereka akan masuk ke dunia prasadar,” kata Efni.

Psikolog berbicara tentang anak-anak yang mendengarkan musik berbahasa asing.

Orang tua di Indonesia menghadapi banyak tantangan dalam memilih musik untuk anak mereka, kata Ifni. Misalnya, Pola konsumsi konten dan musik anak-anak melalui Internet didominasi oleh bahasa asing.

Pada tahap pertama komunikasi, anak-anak sering menyanyikan lagu-lagu asing dalam bahasa non-ibu mereka. Bagi anak-anak non-bilingual atau bilingual, lagu ini kurang bermanfaat karena mereka belum memahami maksud dari lagu tersebut. 

“Semua anak menyerap liriknya (belum paham, jadi menyerap intisari lagunya),” jelas Efni dikutip Antara.

 

Efnie berpesan kepada para orang tua, khususnya anak-anak, agar bijak dalam memilih lagu.

“Lagu anak-anak yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang positif masih belum sepenuhnya menyadari sebab dan akibat dari perilaku anak,” kata Efni.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D