0 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Debat calon presiden kelima digelar pada Minggu, 4 Februari 2024 malam. Tema yang dibahas dalam debat presiden terakhir adalah kesehatan, inklusi, teknologi, budaya, pendidikan, lapangan kerja, sumber daya manusia.

Menurut Ketua Peneliti Badan Riset dan Inovasi Norwegia (pusat riset politik BRIN), Firman Noor, debat kemarin berlangsung dengan saling menghormati.

Firman Noor menjelaskan, ketiga calon presiden Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo menunjukkan sikap negarawan yang ingin mendorong integrasi dan perdamaian menjelang hari pemungutan suara Pilpres 2024 yang tinggal 9 hari lagi.

“Masyarakat sudah diajarkan untuk menghargai lawan bicara, dan saya kira ketiganya akan memberikan keteduhan menjelang hari pemilu, untuk beberapa musim ke depan, semoga situasi akan lebih sejuk terkait debat final capres.” Perusahaan mengutip Antara. Ciri-ciri calon presiden

Firman Noor masih melihat adanya perbedaan kualitas pada setiap calon presiden dalam menyampaikan pandangannya. Seperti biasa, Anies selalu menawarkan visi dan misi perubahan, mengedepankan upaya kolaboratif pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan, fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan mencermati data sebelum mengambil kebijakan.

“Kemunculan Anie tidak banyak menyerang dalam debat ini, pertanyaannya lebih pada menggali ide calon presiden lain,” kata peneliti senior itu.

Sedangkan bagi Prabowo, Firman melihat sikap Menhan menekankan peran negara yang harus melakukan intervensi terhadap suatu permasalahan, sehingga harus bertindak cepat untuk menyelesaikan permasalahan apa pun.

Sementara calon presiden nomor urut tiga sangat mirip dengan Anie yang mengedepankan langkah kolaboratif pemerintah mencari solusi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat.

Namun tadi malam, Ganjar tampak lebih ofensif kepada Prabowo mengenai kebijakan internet gratis yang disebutkan dalam salah satu bagian perdebatan baru-baru ini.

 

Firma itu menambahkan, ketiga calon pemimpin Indonesia telah menunjukkan sikap saling menghormati gagasan masing-masing demi kepentingan nasional.

Hal ini merupakan contoh yang baik untuk mendorong terselenggaranya pemilu yang memihak dan tidak memihak masyarakat meskipun mempunyai preferensi politik yang berbeda. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D