dianrakyat.co.id, Bandung – Ada alasan untuk kembali ke Kota Bandung, Jawa Barat. Rangkaian atraksinya memungkinkan pengunjung menikmati keindahan kota bunga melalui berbagai pengalaman. Untuk menambah daftar panjang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kopi di pengalaman bar kopi pionir di Bandung, Sumthin’ Else from Herd.
Konsep tak biasa ini diciptakan oleh Herd Coffee Roaster yang sudah ada sejak tahun 2016. Pendirinya Andri Hardian mengatakan ruang pengalaman minum kopi mereka dimaksudkan untuk mengajak pelanggan mengetahui apakah mereka menyukai jenis kopi apa.
“Tidak ada benar atau salah dalam dunia kopi. Asal kita suka, tubuh kita siap meminum kopi itu, kenapa tidak?” ucapnya saat jumpa pers bersama Tokopedia dan ShopTokopedia di Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 2 Oktober 2024.
Setidaknya ada tiga pengalaman yang bisa dicoba di Sumthin’ Else from the Herd. Saat pertama kali membuka pintunya, Anda akan melihat berbagai jenis biji kopi yang bisa Anda pilih sesuai selera. “(Biji kopi pilihan) bisa digiling sesuai permintaan,” kata Jeffta, Barista Herd’s Sumthin’ Else.
Di sebelahnya terdapat “bintang utama” berupa bar tempat pembuatan bir yang dapat menampung delapan orang. “Selain memperhatikan racikan kopi yang akan dihidangkan, desain coffee experience pelanggan kami, dari ketinggian bar, juga diperhatikan dengan matang agar pelanggan tidak bosan memandangi barista, melepas kursi bar dengan ‘kursi makan’,” jelas Andri.
Mengapa memilih kursi makan? Ia mengatakan, benda tersebut dinilai sebagai pilihan yang nyaman, karena sejak kecil masyarakat sudah terbiasa duduk di kursi makan. “Kami sengaja memastikan pelanggan selalu dalam keadaan senyaman mungkin, sehingga bisa fokus pada kopi yang disajikan,” ujarnya.
Untuk berkunjung, pelanggan diminta melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui link yang ada di bio Sumthin’ Else dari akun Instagram Herd. Setiap reservasi hanya berlaku untuk dua orang. “Jika ada lebih dari dua orang, silakan dilakukan pengaturan lain jika diperlukan,” demikian pernyataan tersebut.
Dijelaskan bahwa setiap sesi akan berlangsung selama 45 hingga 60 menit. Rasa kopinya cukup ringan, dengan sedikit rasa manis, seperti makan cheesecake. Kami juga diberikan buku pembuat bir untuk membiasakan diri dengan perbedaan antara aroma cangkir dan rasa cangkir.
Sesuai dengan namanya, cangkir aromatik dengan bodi bulat memungkinkan pecinta kopi menikmati aroma minumannya secara maksimal. Sementara itu, ‘cangkir rasa’ ingin menghadirkan rasa dengan lebih jelas, dan memang demikian. “Bau dan rasa cangkir ini selalu terbuat dari keramik,” kata Jeffta.
Jangan khawatir bingung memilih minuman, karena mereka menyediakan menu dengan menu yang tersedia, dengan deskripsi lengkap. Konsumen juga dapat menemukan berbagai daerah asal kopi yang digunakan untuk menyiapkan minuman ini.
Sesi Pengalaman Kopi memungkinkan pelanggan mengobrol langsung dengan barista untuk mempelajari lebih lanjut tentang merek kopi favorit mereka atau menerima berbagai tips berharga. “Tujuan kami adalah setiap pelanggan keluar dari Sumthin’ Else dari Herd, mereka dapat menceritakan pengalamannya kepada orang lain, tentang kopi kesukaannya, mengapa mereka menyukai kopi tersebut,” jelas Andri.
Sedangkan untuk harga minumannya berkisar antara Rp 50k hingga Rp 150k. Berbagai pilihannya mencakup kopi berbahan dasar susu yang dapat diminum dengan tangan, serta koktail musiman.
Untuk melengkapi hal ini, Herd’s Sumthin’ Else menawarkan ruang kopi, sehingga pelanggan dapat mencicipi kopi yang akan mereka bawa pulang terlebih dahulu. “Selain bisa mencicipi langsung, barista juga akan membantu kita, pelanggan bisa menghirup aroma kopi jika tidak punya banyak waktu,” kata Andri.
Selain menjual berbagai produk kopi yang juga tersedia di Tokopedia dan ShopTokopedia, mereka juga menjual berbagai macam peralatan memasak, mulai dari ceret hingga pipet kopi. “Ada juga ruang tunggu bagi pelanggan jika brewery sudah penuh. Ada piringan hitamnya, jadi bisa mendengarkan musik sambil menunggu,” kata Andri.
Munculnya ide-ide baru untuk mengeksplorasi kopi di rumah, seperti coffee experience bar, membuat Tokopedia dan ShopTokopedia berkomitmen untuk mendukung seluruh UMKM lokal. Secara khusus, pihaknya memberikan wadah bagi UMKM lokal, termasuk pedagang kopi, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi Tanah Air.
“Tokopedia dan ShopTokopedia memperkuat berbagai inisiatif untuk mendorong UMKM lokal, termasuk industri kopi, agar berdaya saing melalui kampanye Beli Lokal dengan merek lokal, Waktu Beli Indonesia (VIB) tersedia setiap hari gajian, Waktu Beli Lokal Indonesia.” merupakan bagian dari Kampanye VIB, Promo Goyang setiap hari dengan Flash Sale 95 persen beberapa kali sepanjang hari, gratis ongkos kirim dan melayani Tokopedia sebagai layanan pemenuhan,” kata Aditya Gracio Nelvan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok eCommerce. .
Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 15 mitra produk untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan dengan aman, termasuk produk kopi. “Kemitraan Tokopedia dan TikTok diharapkan dapat membuka peluang besar bagi mitra logistik untuk melayani konsumen dan penjual,” kata Adit.