0 0
Read Time:3 Minute, 21 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Kunjungan Pangeran Harry dan Meghan Markle ke Kolombia mulai Kamis 15 Agustus 2024 waktu setempat sudah termasuk pengamanan ganda. Beberapa upaya telah direncanakan, terutama ketika Wakil Presiden Kolombia Francia Marquez mengundang keluarga Sussex, yang menjadi sasaran pembunuhan pada tahun 2019.

Mengutip Majalah Hello, terungkap beberapa gambar pada Minggu (18/8/2024) yang memperlihatkan Wakil Presiden Kolombia dan keluarga Sussex dikepung polisi saat mereka menanam pohon di sekolah La Giralda di Bogota. Penjaga itu mengangkat perisai antipeluru ke atas kepala Harry.

MailOnline melaporkan bahwa di setiap acara, staf akan keluar dari mobil di depan pasangan tersebut, mengenakan pelindung yang disebut tas balistik untuk melindungi mereka. Perangkat tersebut terlihat pada foto Meghan dan Pangeran Harry bersama anak-anak sekolah dan gurunya. Perisai ini juga digunakan untuk melindungi Francia Marquez.

MailOnline juga menerbitkan gambar yang menunjukkan polisi bersenjata berdiri di luar sekolah dengan anjing patroli sebelum keluarga tersebut tiba. Salah satu perusahaan yang menjual perangkat tersebut menjelaskan bahwa ini adalah perangkat yang menawarkan “keamanan dan keselamatan yang dapat dibawa dan digunakan dengan cepat sebagai perlindungan guna melindungi diri Anda sendiri dan orang yang Anda lindungi.”

“Dirancang khusus agar tahan lama dan mudah dibawa saat disembunyikan sebagai barang penting agar dapat digunakan dengan cepat. Tas ini menawarkan ruang yang cukup untuk dokumen dan barang penting dengan saku interior yang memungkinkan penambahan senjata api saat diperlukan.”

 

 

Sejak mereka meninggalkan anggota senior keluarga kerajaan Inggris dan menetap di rumah mereka di California, Meghan dan Harry harus membayar sendiri keamanan mereka. Forbes menyebutkan biaya keamanan tahunan yang harus mereka keluarkan bisa mencapai US$2-3 juta (sekitar Rp31 miliar-Rp47 miliar).

Meghan dan Harry dilaporkan menggunakan penjaga keamanan dan perangkat elektronik untuk melindungi rumah mereka di Montecito. Dalam film dokumenter Netflix tentang Harry dan Meghan, pasangan ini mengungkapkan bahwa rumah mereka memiliki staf keamanan yang tersebar.

Tak heran, Harry menuntut Kerajaan Inggris mengembalikan alutsista yang dibongkar setelah dia hengkang. Harry memperjuangkan hal ini di pengadilan dan pengacaranya Shaheed Fatima meminta Pengadilan Tinggi di London untuk mengizinkan peninjauan kembali atas peran keamanannya dengan bantuan pemerintah Inggris.

Pada hari Jumat, 8 Juli 2022, People melaporkan bahwa kasus tersebut disidangkan untuk menantang keputusan Komite Perlindungan Keluarga Kerajaan (RAVEC) pada Februari 2020. Akibatnya, Harry kehilangan hak untuk mendapat perlindungan polisi Inggris setelah keputusannya mundur sebagai kepala keluarga kerajaan.

Harry sempat mengungkapkan keprihatinannya terhadap keselamatan keluarganya, terutama istrinya Meghan Markle, jika ia kembali ke Inggris. Duke of Sussex mengatakan ancaman terhadap Meghan terlalu besar untuk diabaikan.

Dikutip situs People, Minggu 26 Juli 2024, Pangeran Harry mengatakan dalam wawancara baru-baru ini dengan Tabloids on Trial ITV yang dimulai pada 25 Juli: “Ini masih berbahaya dan hanya membutuhkan satu pemain, satu orang yang mereka andalkan. apa yang mereka baca.”

“Dan apakah itu pisaunya atau asamnya, apa pun itu, dan itu yang paling membuatku khawatir. Itu salah satu alasan aku tidak akan membawa istriku kembali ke negara ini,” lanjut putra bungsu Raja Charles III itu.

Kekhawatiran Harry tidak berdasar. Pada tahun 2022, Neil Basu, mantan kepala kejahatan di Kepolisian Metropolitan, mengatakan Duchess of Sussex memiliki masalah serius dalam hidupnya selama berada di Inggris. “Kami punya tim penyidik. Ada yang didakwa melakukan ancaman,” kata Basu saat itu.

Harry dan Meghan memutuskan untuk mundur dari tugas kerajaan mereka pada tahun 2020, dengan alasan masalah keamanan yang serius. Keputusan tersebut dipublikasikan secara luas dan menimbulkan reaksi beragam.

Harry menawarkan untuk membayar biaya keamanan dengan kedok melindungi keluarganya. Namun, permohonannya ditolak dan Hakim Agung Peter Lane menyetujui keputusan untuk mengurangi kekebalan mereka. Harry berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

“Duke tidak meminta perlakuan khusus, namun meminta penerapan aturan RAVEC secara adil dan sah untuk memastikan bahwa dia diperlakukan sama oleh orang lain sesuai dengan kebijakan tertulis RAVEC,” kata juru bicara Harry.

Dalam pidatonya di Pengadilan Tinggi London, Harry menegaskan dia membutuhkan perlindungan polisi agar kedua anaknya, Pangeran Archie, lima tahun, dan Putri Lilibet, tiga tahun, merasa betah. “Inggris adalah rumah saya. Inggris adalah pusat warisan anak-anak saya dan tempat di mana saya ingin mereka merasa seperti di rumah sendiri seperti di AS,” kata Harry.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D