0 0
Read Time:3 Minute, 15 Second

dianrakyat.co.id – Prof. Dr Agusani kembali diangkat menjadi Rektor UMSU periode 2024-2026. Pelantikan dilakukan langsung oleh pimpinan pusat Muhammadiyah dan berlangsung pada Sabtu, 18 Mei 2024 di Auditorium Jalan Kampus UMSU Kapten Mukhtar Basri Maidan.

Selain melantik Agusani, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga mengukuhkan panitia penerimaan dan pelaksanaan Kongres Muhammadiyah-Isia ke-49 yang akan digelar di Sumut pada tahun 2027.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh hikmah, hal ini ditunjukkan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah H Muhammad Azul Muslimin yang membacakan surat keputusan PP Muhammadiyah tentang pengangkatan Rektor UMSU. 

Setelah itu, Agousani diambil sumpah pengukuhannya di hadapan Wakil Ketua Dewan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, Ahmed Januri. Sementara itu, pelantikan panitia muktamar diawali dengan pembacaan surat keputusan PP Muhammadiyah tentang penerimaan dan panitia pelaksanaan Muktamar ke-49 oleh Agong Danartu. 

Surat keputusan itu berbunyi, PP Muhammadiyah menetapkan Ketua PW Muhammadiyah Sumut Hasim Syeh Nasushan sebagai ketua, Rektor UMSU Agosani sebagai ketua, Arwanshah sebagai sekretaris, dan Akram sebagai bendahara Panitia Kongres Muhammadiyah-Isia ke-49.

Turut hadir Ketua Umum PP Muhammadiyah Haider Nashir bersama Anggota PP Muhammadiyah, Arwan Akib, Mohammad Siwati, Ketua PW Muhammadiyah Hasimiyah Nasushon, Ketua PW Muhammadiyah Hashemiah Nasushun, Ketua PW Isiah Sumatera Noor Rahma Amini, Pimpinan PDA seluruh Tanah Air. , Pimpinan Cabang dan Cabang Muhammadiyah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Haider Nasir, MSI mengucapkan selamat kepada UMSU Agusani dan Rektor Muhammadiyah Sumut yang telah diberi amanah dan kepercayaan. 

Saya atas nama pimpinan pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada Rektor Profesor Agusani dan Panitia Kongres. Saya hadir dan menjadi saksi. Kami yakin dan percaya amanah tersebut dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Kami juga yakin UMSU dan Muhammadiyah Sumut akan semakin berkembang,” kata Haider.

Sebelum menghadiri acara pelantikan Rektor UMSU, Haider Nasir mendampingi anggota PP Muhammadiyah berkeliling Kampus Terpadu UMSU yang juga menjadi lokasi Kongres Muhammadiyah-Yesaya ke-49.  

Haider Nasher menyatakan keyakinannya bahwa pelaksanaan Kongres ke-49 ini akan lebih baik dibandingkan Kongres-kongres sebelumnya.  PP yakin menjadi penyelenggara Muktamar Muhammadiyah karena selain mengetahui potensinya, juga mampu merealisasikan peristiwa-peristiwa pemikiran tertinggi di era baru bagi Muhammadiyah Sumut dan seluruh lembaga amalnya termasuk UMSU. .

“Jadi kami yakin, apalagi hari ini anggota PDM dari seluruh Sumut ikut berpartisipasi,” kata Haider.

Haider Nashir pun mengamini dan mendukung semangat yang ditunjukkan Rektor UMSU dan Presiden PW Muhammadiyah untuk memajukan UMSU menjadi lebih unggul dan menjadi kampus kelas dunia.

Begitu pula Aisyah, ketika ingin menjadi anggota Panitia Kongres, ingin menginternasionalisasikan Muhammadiyah dan Aisyah. Menurut Haider Nasher, potensi besar dan upaya bersama tersebut bukanlah sebuah utopis karena Muhammadiyah secara keseluruhan telah memiliki jejak dan modal potensial dalam perjalanannya selama lebih dari satu abad.

Haider Nasher berpesan kepada anggota Anjuman untuk terus membangun sayap gerakan karena ada perubahan dan beban sosial saat ini. Beliau juga mengingatkan kita bahwa kepemimpinan itu tidak lagi bersifat formal melainkan kepemimpinan yang bersifat motivatif, sehingga kita bisa melihat apa yang terjadi di tingkat akar rumput.

Sementara itu, Agousani mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PP Muhammadiyah. Pembangunan kampus terpadu UMSU di Simpli, sekaligus lokasi Kongres Muhammadiyah-Asia ke-49 di Sumatera Utara, merupakan bagian integral dari roadmap UMSU untuk menjadi kampus universitas kelas dunia yang inovatif, berbasis riset. Kini UMSU mencoba mengikuti QS Star World Ranking. 

Agusani mengatakan, kongres tahun 2027 di Sumut akan menambah adrenalin UMSU menuju kampus global karena kongres tersebut membawa implikasi tidak hanya di tingkat nasional namun juga internasional. 

“Saya berharap dapat meningkatkan sinergi yang sudah terjalin antara lembaga amal dan asosiasi dunia usaha sejalan dengan pesan PP Muhammadiyah,” kata Agusani.

Ketua PW Muhammadiyah Sumut Hasim Syeh Nasushan menyampaikan tekadnya kepada PP Muhammadiyah agar Muktamar Sumut siap menyelenggarakan muktamar yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Dewan Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah dan BRGM menghimbau masyarakat untuk menjaga gambut dan mangrove. Dewan Pimpinan Lingkungan Hidup Pusat Muhammadiyah bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove atau BRGM mengimbau masyarakat untuk lebih menjaga gambut dan mangrove. dianrakyat.co.id.co.id 4 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D