0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Sebagai sumber protein yang terjangkau dan mudah disiapkan, ayam menjadi pilihan paling populer untuk menu makanan sehari-hari masyarakat India. Namun banyak orang menghadapi masalah bau amis yang sangat mengganggu ayam. Dalam kebanyakan kasus, bau ini disebabkan oleh sisa darah yang tidak terlalu bersih, dan tetap ada meskipun ayam sudah matang. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak orang yang memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan pembersih tradisional ayam. Namun, tidak semua orang memiliki jeruk nipis di rumah atau ingin mencari cara yang praktis dan efektif. Sementara itu, YouTuber DwimonicaKitchen77 menemukan trik ampuh membersihkan ayam tanpa jeruk nipis. 

Dalam video yang diunggah pada Jumat (2/8/2024), seorang pengguna YouTube menjelaskan cara menghilangkan bau amis pada ayam dan makanan hambar. Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa memastikan ayam Anda tidak hanya enak, tapi juga bebas amis.

Mari kita pelajari tentang benda ajaib ini dan cara menggunakannya untuk membersihkan ayam dengan benar, dihimpun dianrakyat.co.id dari berbagai sumber pada Jumat (20/9/2024).

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa bau amis pada ayam berasal dari sisa darah. Membekukan ayam adalah cara termudah untuk menghilangkan sisa darahnya. Dengan daging ayam, darah akan mengendap dan keluar secara alami.

Oleh karena itu, agar darahnya mengendap dan keluar dengan leluasa, sebaiknya ayam dimasukkan ke dalam freezer hingga benar-benar kering. Setelah makanan dibekukan, semua potongan ayam bisa dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam wadah.

Tambahkan dua sendok makan garam ke dalam mangkuk berisi potongan ayam untuk langkah selanjutnya. Garam ini penting karena dapat membunuh sebagian besar bakteri, jamur, dan mikroba lain yang tidak dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi.

Pastikan potongan ayam terendam seluruhnya dengan mengisi wadah berisi air. Dengan cara ini maka darah ayam akan naik. Jika darah mulai banyak keluar, uleni daging ayam. Setelah itu ganti cairan pendingin dengan air bersih.

Peras jus dari setengah lemon ke dalam mangkuk berisi ayam. Kemudian cuci dan petik ayam hingga bersih. Dengan cara ini ayam akan terbebas dari bakteri dan bau karena lemon mengandung asam yang tinggi sehingga efektif menghilangkan bakteri dan bau amis pada ayam.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D