0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

dianrakyat.co.id – Kampas rem merupakan suku cadang pengganti yang termasuk dalam kategori fast moving, artinya harus segera diganti saat sepeda motor digunakan. Hal ini wajar, karena kampas rem bisa aus akibat gesekan.

Ini memanfaatkan gesekan yang terjadi antara kedua sisi bantalan rem dan cakram. Saat pedal atau handle rem ditekan, maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston menuju kaliper.

Piston ini akan menekan bantalan rem untuk menahan cakram dan menghentikan laju kendaraan. Artinya, kerja kampas rem sangatlah vital, karena menjadi penentu akhir bagus atau tidaknya rem.

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang fungsinya untuk menekan piringan cakram atau tromol untuk menghentikan kendaraan. Gesekan yang terjadi menyebabkan komponen semakin tipis seiring berjalannya waktu.

Mencari suku cadang tersebut sangatlah mudah, pengguna sepeda motor bisa menggantinya di bengkel resmi atau bengkel umum. Kondisi kampas rem yang beredar di pasaran adalah asli pabrik, aftermarket bahkan palsu.

Biasanya kampas rem palsu terlihat mirip dengan aslinya, baik dari kemasan maupun bentuknya bahkan pada hologram yang menempel pada kemasannya. Namun perbedaan yang paling mencolok adalah harganya yang lebih murah dibandingkan aslinya.

Oleh karena itu, jangan tergiur dengan harga yang murah, apalagi bagi yang membeli kampas rem secara online. Lalu apa dampak buruknya jika menggunakan pelapis resmi palsu?

Menurut informasi dari jaringan dealer Vahana Honda, kampas rem palsu cepat rusak, karena struktur bahannya lebih keras dari aslinya, kampas rem palsu dapat menyebabkan erosi pada cakram.

Hal ini disebabkan adanya gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan cakram.

Kemudian, gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem palsu yang jenis bahannya tidak standar atau dianggap lebih keras, menimbulkan bunyi tidak normal saat pengereman. Tentu saja hal ini akan mengganggu Anda saat berkendara.

Kampas rem palsu mungkin akan bertahan lebih lama dibandingkan kampas rem asli atau asli. Namun meski bahan kampas rem palsu lebih keras, namun tingkat keausan kampas rem palsu tidak sebaik kampas rem asli.

Kampas rem original yang cenderung lebih empuk mampu bekerja maksimal dengan memberikan cengkeraman yang lebih baik pada cakram saat melakukan pengereman. Ada yang baru pada replika Aprilia SR-GT 200 yang akan mengikuti MotoGP Mandalika 2024. dianrakyat.co.id.co.id 30 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D