0 0
Read Time:2 Minute, 11 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Jagung bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat, antara lain aneka gorengan, tumisan, dan bubur. Karena jagung mengandung karbohidrat yang sama dengan nasi, maka jagung juga cocok dijadikan makanan pokok.

Mengutip situs John Hopkins, jagung banyak mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut dalam jagung membentuk gel yang mampu mengatur kolesterol di usus.

Semua ini menjadi alasan yang cukup untuk memelihara jagung dalam jumlah banyak di rumah. Tak sedikit orang yang menyimpan jagung di lemari es agar awet dalam jangka waktu lama.

Sayangnya menyimpan jagung di lemari es kurang praktis. Belum lagi jagung cenderung menyusut jika terlalu banyak dibekukan.

Tapi jangan khawatir. Pemilik channel YouTube keluarga Park Dono ini punya teknik khusus dalam menyimpan jagung.

Ia bahkan mengklaim jagung bisa tetap segar hingga tiga minggu dengan cara seperti di bawah ini, Senin (5/8/2024).

Pertama, siapkan kemasan plastik. Menurut situs British Plastics Federation (BPF), kemasan plastik setidaknya tahan lama dan mampu menyimpan barang atau makanan selama 5 hingga 10 hari.

Ini normal. Pasalnya, kemasan plastik sangat berat dan mencegah paparan oksigen. Selain itu, plastik ini juga dapat menahan bau makanan.

Jagung yang ingin Anda simpan tidak boleh dikupas karena akan membuat jagung terkena oksigen. Karena mouse tidak dikupas, pembersihan otomatis tidak diperlukan.

Tempatkan jagung di tengah bungkus plastik. Kemudian lipat dari sisi kanan dan kencangkan di bawah jagung. Kemudian lipat plastik dari sisi kiri hingga menutupi jagung. Jangan lupa tutup ujung jagung dengan selotip agar lebih kuat menahannya.

Daripada menyimpan jagung di lemari es, sebaiknya bungkus dengan plastik wrap dan simpan di lemari es. Karena bungkus plastiknya cukup rapat, suhu pendingin pendingin cukup untuk mengawetkan jagung hingga tiga minggu tanpa kusut.

Masukkan baby corn ke dalam kantong kertas atau plastik. Simpan di tempat sejuk di rumah. Ini membuat baby corn tetap segar selama 2-3 hari.

Menurut informasi yang dilansir Taste of Home, jagung manis tetap mempertahankan rasanya jika disimpan di suhu ruangan, meski dikonsumsi atau diolah beberapa jam setelah pembelian. Jagung manis tetap mempertahankan rasa manisnya saat disimpan di lemari es.

Anda bisa menyimpan jagung utuh dengan kulitnya dibuang di lemari es. Kemudian masak jagung selama kurang lebih 4 menit. Segera masukkan polong ke dalam wadah berisi air es, tiriskan dan simpan dalam kantong kedap udara.

Pengeringan pertama umumnya dilakukan untuk mempermudah proses pengupasan jagung. Kegagalan melakukan pra-pengeringan dapat meningkatkan risiko kerusakan pada biji jagung, pengelupasan kulit, jaringan parut atau cacat, serta memperlambat proses pembuangan.

Jagung kupas bisa direbus selama 2 hingga 5 menit. Untuk jagung kupas, memasak membutuhkan waktu sekitar 4 menit dengan api sedang atau rendah. Namun jagung yang cangkangnya masih utuh membutuhkan waktu pemasakan sekitar 10 menit.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D