0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

Jakarta, 13 Juni 2024 – Yamaha Nmax terbaru telah resmi diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) dengan embel-embel turbo. Lantas seperti apa Turbo yang ada pada skutik jagoan hebat Yamaha ini?

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan turbo pada NMAX bukanlah sistem induksi paksa yang dapat meningkatkan tenaga mesin dari gas buang kendaraan.

Sebaliknya, performa mesin ditingkatkan melalui teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT) untuk mesin VVA Blue Core 155cc generasi terbaru. NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6.500 Rpm. 

Performa mesin barunya juga dioptimalkan dengan teknologi canggih terkini, YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional atau rollerless. Artinya fungsinya digantikan oleh komponen elektronik yang berfungsi fleksibel dan membantu akselerasi lebih cepat.

YECVT menjadi kuncinya. Fungsi roller yang biasa terdapat pada CVT konvensional untuk menggerakkan puli primer telah digantikan oleh motor motor sehingga proses pergerakannya dapat diatur, kata Anton Widiantoro, usai peluncuran. pada hari Rabu. 12 Juni 2024.

“Kita bisa memaksa tulang belakang lebih cepat, kalau roller konvensional menggunakan gaya sentrifugal. Jadi roller bisa menyusut seiring pemakaian, jadi ada masa penggantiannya. Dengan motor mesin ini roller tidak diperlukan lagi, prosesnya lebih cepat. membantu akselerasinya. Makanya ada sensasi turbonya,” sambungnya.

Menggunakan teknologi tersebut, NMAX “TURBO” dilengkapi Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara yaitu T-Mode (City Commuter) dan S-Mode (Sport Touring). Kedua mode tersebut dioperasikan melalui tombol “Mode” di bagian depan stang sebelah kiri.

Selain Riding Mode, ada juga fungsi lain berupa Y-Shift yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang sebelah kiri. Dimana terdapat 3 level yakni Low (1), Medium (2) dan High (3).

“Untuk mesinnya kita pakai Blue Core generasi terbaru, jadi memang pakai VVA 155 cc. Lexi LX tenaga dan torsinya sama, mesin dasarnya sama, kemudian ditambahkan YECVT dan diatur oleh TCU (unit transmisi) . Ada yang baru dari Replika Aprilia SR-GT 200 Aprilia ikut memeriahkan MotoGP Mandalika 2024 dianrakyat.co.id.co.id 30 September 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D