0 0
Read Time:1 Minute, 47 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Joko Widodo-Maruf Amin berharap program transformasi strategis Kementerian BUMN bisa mencapai 99 persen sebelum masa jabatannya berakhir pada Oktober tahun depan. Eric yakin, 87 dari 88 proyek dalam program strategis Kementerian BUMN akan terealisasi.

Menurut dia, hanya satu proyek yang gagal, bukan karena ketidakmampuan, melainkan karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan.

Alhamdulillah dari target 88 proyek, Insya Allah 87 proyek selesai. Mungkin ada satu yang terlewat karena dinamika situasi, tapi nanti saya laporkan, mungkin akhir Oktober. Minggu (5/05/2024) Plaza Keong Mas, Taman Min Sundar Indonesia, Pertemuan Keluarga Kementerian BUMN.

Eric menjelaskan, saat ini sudah ada 82 proyek yang rampung Jadi tersisa enam proyek di bulan-bulan tersisa.

“Semula 88, 88 sekarang 81-82, masih ada enam lagi, tapi ada satu yang sulit diselesaikan. Tapi ya, itu tidak mungkin “Kami telah melakukan pekerjaan 100 persen,” katanya.

Tercapainya 99 persen proyek strategis tersebut tidak lepas dari transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN, kata Eric. Ia pun meyakini melanjutkan transformasi ini akan menjadikan BUMN berdaya saing dan menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Eric menegaskan, program perubahan hanya dapat memberikan hasil yang baik jika dilakukan secara berkelanjutan. Di negara maju seperti Tiongkok, prosesnya memakan waktu setidaknya 15 tahun

“Transformasi BUMN belum selesai dalam lima tahun Kalau kita mau bandingkan dengan Tiongkok, butuh waktu 18 tahun Jadi kalau China melakukan perbaikan besar-besaran di negaranya sendiri, butuh waktu 18 tahun, saya rasa transformasi BUMN tidak mungkin selesai dalam lima tahun.

Meski demikian, Eric mengatakan dirinya dan pimpinan Kementerian BUMN telah menyiapkan rencana BUMN 2034 yang berlaku hingga 10 tahun ke depan. Salah satunya adalah memperkuat ekosistem

Misalnya, jika pupuk dan makanan kita dipisahkan, maka kita akan menciptakan suatu ekosistem di masa depan Karena Anda tidak bisa membicarakan pangan tanpa membicarakan pupuk

“Pupuk sendiri banyak kekurangannya, yaitu sumber bahan bakunya Kami juga sedang membuat rencana, jika ingin menjadi produsen pupuk nomor 5 atau nomor 3 dunia, kami harus punya kepastian bahan bakunya agar penerus kami semua punya rencana,” kata Eric.

Hal serupa dilakukan Eric terkait anggaran BUMN 2025 termasuk Penyertaan Modal Negara (PMN). “Siapa pun yang menggantikan kami akan mengetahui sebelumnya bahwa pekerjaan sedang berlangsung,” kata Eric.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D