0 0
Read Time:1 Minute, 39 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong percepatan mutu pendidikan tinggi. Salah satu upayanya adalah melalui kolaborasi penelitian internasional.

Untuk itu, Program Kemitraan Nusantara Hubert Curien (PHC) siap memperkuat kolaborasi penelitian sekaligus meningkatkan jaringan akademik perguruan tinggi negeri Indonesia dengan dunia internasional, khususnya dengan Perancis.

PZZ Nusantara merupakan wujud nyata kerja sama Indonesia dan Perancis di bidang pendidikan. Program ini memungkinkan kolaborasi antara peneliti Indonesia dan peneliti Perancis di bidang-bidang prioritas.

Di Perancis, PHC Nusantara dikoordinasikan oleh Ministry of Europe and Foreign Affairs (MEAE) dan Ministry of Higher Education and Research (MESR). Sedangkan PHC Nusantara di Indonesia dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Program yang sebagian besar membiayai mobilitas peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan inovatif dan pertukaran teknologi antar pusat penelitian di kedua negara. Para pemenang juga akan mendapatkan manfaat dari berbagi ilmu dan mendapatkan pengalaman melalui kegiatan penelitian bersama.

Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam program PZZ Nusantara diikutsertakan dosen fakultas politeknik negeri. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kapasitas penelitian dan kualitas dosen profesional di Indonesia.

Salah satu dosen politeknik yang berhasil lolos dan mengikuti program PHC Nusantara adalah Hadi Hermansia. Beliau merupakan dosen program studi D-3 Alat Berat (Prodi) Politeknik Negeri Alikpapan (Poltecba) yang aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Beberapa topik penelitiannya antara lain pemodelan arus laut dengan metode 3D Mohid di Teluk Balikpapan.

“Selain bisa mengembangkan karya penelitian ilmiah, kelebihan dari kegiatan ini adalah merupakan jaringan penelitian internasional dan ini menjadi nilai tambah bagi kami para dosen,” kata Hadi beberapa waktu lalu.

Dalam penelitian ini Eddie mengambil topik Ilmu Kebumian dan Antariksa dengan judul penelitian “INTERAKSI GELOMBANG EDDIES MESOSCALE DAN PERANNYA DALAM TRANSFORMASI INDONESIA MELALUI AIR YANG ALIRAN”. Untuk penelitiannya kali ini, Hadi akan berkolaborasi dengan Laboratoire D’etudes Géodésique Océanographie Spatiale (LEGOS) di Toulouse.

Selain sejalan dengan ilmu Hadi, tema kelautan dipilih karena Perancis telah lama dikenal sebagai salah satu negara dengan penelitian kelautan terkemuka. Mereka juga sangat tertarik dengan isu lingkungan seperti pemanasan global.

Kajian ini tentang…

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D