0 0
Read Time:3 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Kementerian Agama menyerahkan 151.489 formulir ASN ke Kemenpan-RB. Jumlah tersebut mencakup 67.784 formasi CPNS 2024 dan 89.781 formasi CPPPK.

Hal ini menyusul pertemuan yang dilakukan antara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Menteri Logistik dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas di Kantor Pusat Kementerian Agama di Jakarta.

Rapat tersebut membahas pembentukan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diselenggarakan Kementerian Agama.

“Permohonan ke Kemenag sebanyak 151.489, formasi yang sudah kita setujui sebanyak 110.553. Untuk CPNS ada 277 formasi, sedangkan PPPK 87, 88 formasi,” jelas Azwar Anas di Jakarta, Senin (1/4/2021). 2024 )

“Tahun ini adalah bagian yang sangat besar. Diragukan bahwa akan ada jumlah sebesar itu pada tahun depan. “Sepanjang sejarah enam tahun terakhir ini yang terbesar,” lanjut Azwar.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima 110.553 formulir ASN yang disetujui Menpan-RB. Menurut dia, jumlah patung tersebut merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Kementerian Agama.

“Kita baru memiliki formasi terbesar sepanjang sejarah, sekitar 111.000 struktur ASN,” kata Gus Men, sapaan akrabnya.

Gus Men mengungkapkan, perlunya formasi ASN dalam jumlah besar karena beberapa pertimbangan, antara lain: banyaknya ASN Kemenag yang memasuki usia pensiun, pemekaran wilayah, dan pengalihan struktur pendidikan ke sekolah di bawah sistem. Departemen Agama.

“Pekerja ASN yang memasuki usia pensiun pada tahun 2024 hingga 2028 berjumlah 48.991 orang. Nah, ini yang menjadi perhatian kita dalam hal usia pensiun empat tahun ke depan,” jelas Gus Men.

“Ada juga soal pemekaran kabupaten dari kabupaten, kabupaten/kota menjadi kabupaten kecil serta beberapa rencana pengalihan jenjang pendidikan ke madrasah dan sekolah lain yang berada di bawah Kementerian Agama,” tambah Menag. .

 

Selain membahas pembentukan wakil ASN pada tahun 2024, pertemuan kedua orang Tanah Air tersebut juga membahas peran para penasihat agama dalam memberikan pembinaan terhadap isu lingkungan hidup. Peran selebran juga dibahas dalam memberikan perhatian kepada calon pengantin untuk memberikan makanan yang cukup bagi bayi.

“Kami juga membahas bagaimana para penyuluh dapat memberikan nasehat, tidak hanya dalam hal habluminallah dan habluminannas saja, tapi juga habluminalalam. Bagaimana para penyuluh juga memberikan nasehat dan bimbingan, bagaimana masyarakat harus berperan penting dalam menjaga lingkungan dan menjaga kebersihan, jelas Gus Men.

Dibahas juga bagaimana presiden memberikan pembinaan kepada mereka yang akan menikah atau menikah untuk mengasuh anak-anaknya agar kelak menjadi generasi yang hebat dan dipercaya bangsa, salah satunya menjadikan yakin bahwa mereka adalah anak-anak. “Salah satu tugas tamu adalah mengingatkan kedua mempelai,” pungkas Gus Men.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas buka suara terkait rencana pembukaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS 2024 akan dibuka sebanyak tiga kali namun hanya peserta yang bisa. berpartisipasi hanya sekali.

Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini mengatakan pihaknya menyerahkan urusan teknis kepada Badan Kepegawaian Pemerintah (BKN) selaku lembaga pengadaan CPNS 2024.

“Itu teknis di BKN. Tentu ada penyidikan, dimulai dari pertanyaan-pertanyaan dan macam-macam,” kata Anas di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Namun Anas mengatakan, pembukaan pendaftaran CASN dan CPNS sebanyak tiga kali dalam setahun dimaksudkan untuk mengisi kekosongan yang sering muncul saat rekrutmen dalam beberapa tahun terakhir.

“Memiliki ketiga ucapan selamat ini akan menjadikannya kenyataan nantinya. Jadi misalnya rekrutmen tahun ini tinggi, tapi lulusannya mungkin ada 40-55 persen, jadi kadang ada lapangan kerja,” ujarnya.

“Jadi dengan ketiga langkah tersebut, hal tersebut bisa dicapai, terutama bagi mereka yang belum mengikuti tes ini,” kata Anas.

 

Sebelumnya, Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengingatkan, peserta hanya bisa mendaftar salah satunya. Jika ada peluang yang masuk tapi tidak dilewati, maka peluang tahun ini akan hilang.

“Pilihannya ada tiga, tapi masyarakat hanya bisa mendaftar satu. Kalau tidak lolos yang ini, tidak bisa (tidak bisa),” ujarnya saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta beberapa waktu lalu. . .

Sebenarnya kalau dia ikut satu fase, tidak bisa ikut lagi di fase berikutnya, kata Haryomo.

Rencananya, seleksi calon Aparatur Sipil Negara tahun 2024 dan PPPK tahap awal rencananya akan digelar April mendatang untuk menempuh sekolah formal.

Disusul panitia CASN nasional pada Juni 2024. Disusul panitia CPNS dan PPPK yang fokus pada pembentukan pemerintahan daerah pada September 2024.

Kalau dia mau ikut seleksi kerja, April nanti harus siap. Tapi kalau mau lembaga pusat ya lembaga pusat dulu, itu saja. pada bulan Juni.

Haryomo sendiri belum bisa merinci berapa banyak format yang akan dibuka. Dia memastikan tahun ini pemerintah akan memprioritaskan pendidikan dan pelatihan kesehatan.

“Organisasi daerahnya banyak sekali, terutama guru dan tenaga kesehatan. Sampai saat ini yang terpenting masih kesehatan dan pendidikan, guru dan tenaga kesehatan. Itu yang terpenting bagi CPNS dan PPPK,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D