0 0
Read Time:4 Minute, 21 Second

dianrakyat.co.id, HUT Republik Indonesia ke-79 Surabaya dan HUT ke-63 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) digelar pada 17 Agustus 2024 dengan penuh kemeriahan dan perayaan. Peringatan tersebut diawali dengan upacara pengibaran bendera di kantor pusat Bankjatim dan dipimpin langsung oleh Direktur Bankjatim Busrul Iman.

Seluruh pegawai Jatimers mulai dari Direksi, SEVP, VP, AVP, hingga pegawai bankjatim sebenarnya telah mengikuti acara tersebut. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahun ini diwarnai dengan pelaksanaan Defile Jatimers 2024. 

Jatimers Defile merupakan pameran tradisional lokal yang dihadiri oleh direksi, SEVP, VP dan pegawai bankjatim. Mereka semua ditantang untuk berjalan bak raja dan ratu, memamerkan keindahan dan keunikan pakaian tradisional mereka dari seluruh Indonesia.

Pakaian adat dari Sabang sampai Merauke yang dikenakan seluruh peserta menunjukkan nilai tradisi budaya tanah air yang berbeda-beda namun merupakan satu kesatuan sekaligus menyambut kedatangan wilayah baru. “Kita semua harus bekerja keras untuk menyatukan semangat dan tujuan seluruh bangsa Indonesia,” kata Busrul, Direktur Utama Bankjatim.

Seluruh peserta dan penonton Defile Jatimers 2024 tampak sangat bahagia dan kompak menjalani acara tersebut. Semua orang tampak menikmati beragam kegiatan yang ditampilkan.

Busrul berharap melalui inisiatif ini, seluruh pegawai BJTM dapat selalu bersumpah untuk menghormati dan melestarikan tradisi budaya pakaian Indonesia dari berbagai tempat. Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah saat untuk mengenang nilai-nilai luhur yang membangun Indonesia.

“Kami berharap HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia untuk terus berjuang memajukan bangsa melalui kerja keras, inovasi dan kerjasama. Tentu saja ada tantangan dan ancaman namun kita semua harus yakin bahwa dengan kuatnya nasional tim kita bisa mengatasi segalanya,” ujarnya.

Sesuai tema HUT RI ke-79 yaitu “Nusantara Baru, Indonesia Tinggi”, BJTM ingin menyatakan komitmennya untuk terus mendukung Indonesia yang lebih tinggi melalui kerja sama dan persatuan. Bankjatim bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat integritas industri jasa keuangan di tengah tantangan yang ada saat ini. Semua itu dilakukan demi menciptakan sektor jasa keuangan yang berdaya saing dan berupaya semaksimal mungkin mendorong pertumbuhan ekonomi yang mampu mewujudkan Indonesia sejahtera. 

Tidak hanya pada tanggal 17 Agustus saja, namun sebelumnya BJTM menyelenggarakan berbagai perlombaan dalam rangka merayakan dan menghormati perjuangan bangsa serta memperingati hari jadi Bankjatim. Seluruh peserta kompetisi merupakan pegawai Bankjatim. Ada banyak kompetisi yang bisa diikuti. Seperti lari estafet, mangkok, angkat kaca dengan tali rafia dan berbagai perlombaan olah raga. 

“Bankjatim merayakan HUT ini dengan memberikan bantuan sembako kepada warga dan membantu sesama dengan mengunjungi panti asuhan dan panti asuhan. .

Di hari ulang tahun Bankjatim yang ke-63 ini, ia berharap para Jatimer tidak henti-hentinya memberikan yang terbaik bagi perusahaan, menjaga kinerja keuangan, dan mendorong BJTM untuk terus berubah.

“Di usianya yang ke-63 tahun, Bankjatim tentu mempunyai harapan besar untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi bank yang baik. Sebagai BPD, harapan Banjatim tidak hanya sebatas meningkatkan kinerja keuangannya saja, namun bisa lebih berkontribusi dalam pembangunan Jawa Timur,” tegasnya.

Sebagai bank pembangunan daerah yang didirikan sejak tahun 1961, BJTM telah bekerja keras untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Dengan jaringan yang luas serta produk dan layanan perbankan yang inovatif, bankjatim kini berhasil memposisikan diri sebagai mitra strategis bagi masyarakat, UMKM, dan pemerintah daerah. Kedepannya bankjatim mempunyai tujuan atau visi untuk menjadi BPD nomor 1 di Indonesia.

“Kami ingin menjadi BPD yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian daerah dan menjadi BPD yang memiliki keunggulan kompetitif yang mampu bersaing di industri perbankan Tanah Air,” imbuhnya.

BPD no. 1 Indonesia dapat dilihat dari beberapa aspek. Antara lain, aset perusahaan yang terus bertambah dan Bankjatim terus mengembangkan produk dan layanan perbankan baru khususnya di bidang perbankan melalui inovasi JConnect. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan.

Saat ini bankjatim sedang melakukan perubahan untuk mampu bersaing dengan bank lain khususnya dengan bank, dan salah satu dari 5 pilar perubahan tersebut adalah IT dan perubahan digital. Perubahan ini dimulai dari pengembangan gedung dengan memisahkan sektor IT dan Digital Banking. Terkait proses pengajuan pinjaman, Bankjatim juga memberikan kemudahan dalam bentuk aplikasi online seperti aplikasi E-KMG dan E-Loan. 

Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, BJTM kini memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daerah, khususnya dalam perekonomian daerah yang terintegrasi secara digital, seperti melalui aplikasi EKPD, SIPD, KKI, sistem penagihan rumah sakit secara elektronik dan masih banyak lagi. Kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah daerah Jatim menjadi keunggulan kompetitif Bank Jatim dibandingkan dengan bank lain yang diharapkan dapat membuat Bank Jatim tetap kompetitif dan menjadi market leader dibidangnya.

Namun pada tahun pertama 2024, BJTM mencatatkan pendapatan Rp 4,2 triliun dan laba Ro 579 hingga akhir Juni 2024. Lini bisnis yang berkontribusi besar terhadap kesuksesan Bankjatim yaitu distribusi uang.

Saat ini penyaluran kredit Bank Jatim didorong oleh penyaluran kredit kepada UMKM hingga Rp 18,87 triliun pada semester I/2024.

Busrul yakin kiprah Bankjatim dapat terus berkembang dan bertransformasi menjadi bank digital dengan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi di masa depan, sehingga semakin mendekatkan BJTM pada visinya menjadi BPD No.

Dalam rangka meraih masa depan di tahun ke-63 ini, Busrul mengupayakan masa depan Bank Jatim akan memberikan kemudahan dan solusi keuangan yang nyaman serta jaminan bahwa segala sesuatunya dapat dilakukan untuk mencapai setiap tujuan dengan percaya diri dan aman.

“Kami selalu siap memberikan pelayanan terbaik yang didukung oleh profesionalisme dan integritas,” ujarnya.

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D