0 0
Read Time:2 Minute, 18 Second

Liputan.com, Menteri Perhubungan DKI Jakarta Budi Kariya Sumadi, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendi mengunjungi Pelabuhan Merak di Banten.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memperlancar arus masyarakat dan menjamin arus balik pada masa perayaan hari raya, khususnya pada jalur Merak-Bakuheni.

Menko Muhajir Merak memastikan rasio kapasitas atau V/C rasio di kawasan pelabuhan berada di bawah 0,7. V/C Ratio sendiri merupakan ukuran rasio kapasitas kendaraan

Jika nilai rasio V/C mencapai nilai 0,8 atau lebih tinggi, maka arus kendaraan dapat diklasifikasikan mendekati kapasitas dan harus dilakukan tindakan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Meski saat lebaran kali ini jumlah penumpang dan kendaraan diperkirakan meningkat, namun rasio V/C di kawasan Merak, Siwan, dan BBJ masih sama seperti tahun lalu. Sebab, kapasitas kapal dan pelabuhan ditingkatkan

Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Minggu, 24/03/2024 mengatakan, “Kalau V/C Ratio minimum ini sama dengan tahun lalu, maka bisa diturunkan. Harapan Pemerintah

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi mengatakan pemerintah telah mengambil langkah untuk mencegah banyaknya penumpang pulang jalur Merak-Bakuheni.

“Diketahui jumlah wisatawan yang kembali ke Tanah Air akan meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu dan terdapat risiko pengungsian sebanyak 193,6 juta orang. Perlu dilakukan estimasi dan berbagai persiapan. Hari ini kami menggelar rapat. Menteri Perhubungan mengatakan untuk mengkoordinasikan transportasi festival Budha

Seiring dengan penambahan pelabuhan, sejumlah pengembangan dilakukan untuk meningkatkan layanan transportasi liburan tahun ini. Pelabuhan yang sudah beroperasi selama ANGLEB 2023 adalah Pelabuhan Merak, Pelabuhan Siwan dan Pelabuhan Bandar Baku Jaya (BBJ) Bozonegara.

 

Menhub menyampaikan, pada tahun ini, pelabuhan Indah Kiat akan ditambah dari pelabuhan BBJ dan akan ada penambahan pengangkut di pelabuhan Merak jika terjadi kelebihan kapasitas kendaraan. Pelabuhan Indah Kiat mampu menampung sekitar 500 kendaraan kecil

Selain itu, kapasitas Pelabuhan Merak 2 ditingkatkan menjadi 10.000 GT (gross ton) pada tahun 2023 dari 3.000 GT di bawah Anglesey.

“Saya secara khusus mengarahkan ASDP dan Palindo untuk memberikan prioritas pada kapal yang lebih besar dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk pengangkutan yang lebih banyak dan cepat,” kata Menhub.

Jumlah kapal yang beroperasi di Anglesey tahun ini sebanyak 81 kapal 66 kapal ekspres beroperasi di jalur Merak-Bakuheni Jumlah kapal pada jalur Siwanan – Bakuheni sebanyak 10 kapal dan rute BBJ – Muara Pilu sebanyak 5 kapal.

Kapasitas pelabuhan Anglebe pada tahun 2024 akan meningkat sebesar 5 persen menjadi 11.188 kendaraan kecil pada tahun ini dari total 10.688 kendaraan kecil pada tahun lalu. Sementara itu, kapasitas armada meningkat 2 persen menjadi 37.159 kendaraan dari sebelumnya 36.323 kendaraan.

Pemerintah juga mengimbau pemudik untuk memesan tiket penyeberangan terlebih dahulu dan menginap maksimal 1 hari Pembuatan tiket manual dan pembelian di tempat tidak lagi diperlukan Kemudian polisi meningkatkan keamanan di Jalan Bakuheni terutama pada malam hari Diharapkan juga zona keamanan kawasan pelabuhan dapat lebih dipersiapkan

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D