0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Program Studi Kesejahteraan Sosial (KAPRODI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), menerima gelar doktor pada program pascasarjana Universitas Pajadjaran (UNPAD) pada Senin. (12/8/2024).

Dalam Sidang Promosi Doktor Kesejahteraan Sosial di Ruang Sidang Program Pascasarjana FISIP Unpad, Dr. Mohammad Zahoor sukses membela MSI. Gedung A Lantai 2 Bandung.

Zahral melakukan penelitian untuk mengkaji manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di Lembaga Kesejahteraan Anak Muhammadiyah (LKSA) yang melibatkan beberapa permasalahan.

Permasalahan yang muncul antara lain kepatuhan terhadap standar perlindungan anak, pengelolaan database teknologi informasi, kelemahan pedoman terkait standar penentuan respon yang tepat, dan kelemahan pedoman.

Permasalahan lainnya adalah proporsi sumber daya manusia (SDM) anak yang tidak seimbang, kualifikasi SDM yang tidak memenuhi standar sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan dan pengelolaan, serta sebagian besar pendidikan SDM tidak sejalan dengan bidang pekerjaan sosial.

Penelitian Zaharal dalam manajemen SDM di LKSA Muhammadiyah diawali dengan menjawab permasalahan rekrutmen, seleksi, uraian tugas, pemanfaatan bakat, orientasi dan pengembangan, pengawasan dan penilaian kinerja, serta kinerja internal yang nilai-nilai keagamaan. Pengetahuan detail tentang Manajemen SDM di LKSA Muhammadiyah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam Ki Muhammadiyah (AIK) tercermin dalam seluruh tahapan pengelolaan SDM di LKSA Muhammadiyah, meskipun prosesnya masih belum sistematis. Dampak dari penerapan nilai-nilai tersebut dalam proses pengelolaan SDM di LKSA Muhammadiyah menunjukkan dapat memperkuat semangat kerja dan kekuatan inti yang menggerakkan seluruh sumber daya manusia.

HR juga mendapatkan pemahaman keagamaan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Zahrul, perspektif SDM yang diterapkan di LKSA Muhammadiyah tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dunia, namun juga menjadi bagian dari ibadah kepada Allah. Dengan begitu Anda bisa memahami nilai-nilai AIK dengan baik.

Hal ini menandakan bahwa LKSA dapat mereduksi nilai-nilai organisasi dan permasalahan internal dalam pengelolaan dan pemberian pelayanan seperti yang telah dijelaskan di awal karena nilai-nilai ada dalam seluruh kegiatan pelayanan.

“Model ini menekankan pada keterpaduan aspek proses manajemen dengan nilai-nilai organisasi, sehingga sumber daya manusia LKSA dapat mempengaruhi kualitas dan pembentukan karakter anak berdasarkan nilai-nilai agama dengan mengedepankan kepentingan terbaik anak dan berintegritas.” Dia selesai.

Dekan FICP UMJ Prof. AV Satispi, MSI mengucapkan selamat kepada Zaharuddin atas gelar Doktor Kesejahteraan Sosialnya. Karena menjadi contoh bagi dosen FISIP UMJ lainnya untuk meningkatkan kualifikasinya sebagai dosen hingga jenjang doktor.

AV mengatakan Zaharul adalah orang yang keras kepala karena ia menyelesaikan studi doktoralnya dalam waktu tujuh semester. “Semoga Zaharal dapat meningkatkan kualitasnya sebagai kader Muhammadiyah dan memimpin organisasi Muhammadiyah di tingkat program studi, fakultas, dan universitas,” kata AV.

Dewan Penguji sidang kenaikan pangkat Dr. yaitu Prof. A Rachim, SSS, MI Com, Dr. Heri Wibowo, SPSI, MM, Dr. Mohammad Fedrianzia, SSOS, MSI, Prof. Dr. Mohammad Beni Alexandri, SE, MM.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D