0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Cuaca yang tidak menentu belakangan ini di Indonesia rupanya berdampak serius terhadap kesehatan fisik. Salah satunya adalah batuk berdahak yang menyerang banyak orang dari berbagai usia. Penyakit seperti ini sering terjadi. Namun jika tidak segera ditangani, tentu akan menguras energi Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati penyakit ini dengan baik sebelum semakin parah. Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat obat batuk yang efektif dan mudah dibuat. Beberapa obat batuk alami dikatakan dapat mengurangi dahak berlebih dan meredakan tenggorokan gatal. Ingin tahu apa saja bahan alaminya?

Jahe memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah meredakan batuk produktif. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung analgesik (pereda nyeri). Berkat beragam manfaatnya tersebut, jahe bisa menjadi obat alami yang ampuh meredakan batuk tidak nyaman berdahak. 

Caranya, Anda bisa mencampurkan jahe dengan air atau teh. Rasa hangat yang ditimbulkan oleh jahe mengencerkan dahak di saluran pernapasan dan melemaskan otot-otot tenggorokan yang tegang. Hal ini dapat mengurangi batuk berdahak dan membuat tenggorokan terasa lebih baik.

Garam yang dilarutkan dalam air hangat juga dapat memberikan efek ekspektoran alami. Cara ini mampu mengurangi rasa gatal di tenggorokan saat batuk. Selain itu, air garam hangat juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di tenggorokan. Sehingga batuk yang sudah dialami tidak akan bertambah parah.

Jika ingin menerapkan tips ini, sebaiknya Anda cukup berkumur dengan air garam hangat setiap hari hingga batuk produktif Anda mereda. Untuk membuat larutannya, cukup tambahkan ½ sendok teh garam ke dalam 250ml air hangat. Kemudian aduk hingga tercampur rata dan mulailah membilas.

Madu juga bisa menjadi solusi alami untuk meredakan batuk produktif. Tahukah Anda bahwa madu sendiri memiliki efek antioksidan, anti inflamasi dan menenangkan, mampu melawan virus, bakteri serta meredakan peradangan pada saluran pernafasan. Bahan alami ini juga membantu meredakan sakit tenggorokan akibat batuk berdahak.

Bagi yang ingin mencoba pengobatan alami ini, cukup campurkan 2 sendok makan madu ke dalam air hangat atau teh hangat. Rasa hangat yang dihasilkan sering kali akan melegakan tenggorokan dan mengurangi batuk.

Bahan alami terakhir yang bisa Anda coba untuk mengatasi batuk berdahak adalah daun mint. Ramuan ini bermanfaat melegakan tenggorokan karena kandungan mentolnya yang memberikan sensasi sejuk. 

Jadi, untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan beberapa lembar daun mint yang sudah dipotong-potong ke dalam gelas. Kemudian tambahkan air hangat dan aduk hingga rata. Minumlah campuran daun mint dan air hangat ini untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Ingatlah bahwa Anda dapat menggunakan metode berbeda ini sebagai pengobatan pertama yang sesuai. Perhatikan juga bahwa efeknya mungkin berbeda dari orang ke orang. Namun jika Anda sudah mencoba beberapa tips di atas dan kondisi Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat. Semoga beruntung!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D