0 0
Read Time:1 Minute, 51 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan Fatmawati Orthopaedic Center (FOC) di Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta, pada Jumat (2/2/2024). Dikembangkan oleh RSUP Fatmawati, FOC atau pusat ortopedi ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi rumah sakit pedesaan di Indonesia.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi rumah sakit swasta lainnya di Indonesia,” kata Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin.

FOC RS Fatmawati menawarkan pelayanan terbaik seperti bedah tulang belakang, bedah sendi, triage, bedah anak dan punggung, onkologi dan bedah tangan.

Dilengkapi dengan sumber daya manusia profesional, keahlian dan peralatan medis canggih, FOC berupaya memberikan layanan ortopedi berstandar dan internasional.

Menkes Budi meyakini pendapatan yang diperoleh dari jasa pelaksana tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi sumber daya manusia rumah sakit, meningkatkan pelayanan dengan memasang peralatan medis baru, dan memberikan bantuan kepada pasien BPJS Kesehatan.

“Banyak yang bilang, ‘Oh, RS Kemenkes bakal kapitalis ya?’

Selain itu, bagi hasil dapat digunakan untuk pembelian peralatan kesehatan terkini. “Jika kami punya uang, kami akan menggunakannya untuk membeli pinggul robot, tulang belakang robot yang tidak dimiliki rumah sakit lain,” ujarnya.

Terakhir, peningkatan pendapatan FOC RS Fatmawati digunakan untuk memberikan bantuan kepada pasien BPJS Kesehatan di RS tersebut. “Tiga hal penting yang akan digunakan untuk mendukung pasien BPJS karena kita tahu banyak penyakit kompleks yang cakupan BPJSnya di bawah biaya. Ya, kita akan menutupinya dengan ketersediaan dari sayap (pelayanan) eksekutif, ”kata Budi. 

 

Dirjen RS Fatmawati dr. M Syahril menjelaskan, FOC RS Fatmawati merupakan bagian pelayanan rawat jalan dan rawat inap yang meliputi ruang pemeriksaan, ruang pasien VIP, dan ruang perawatan primer ortopedi.

“Kami dilengkapi dengan peralatan medis terkini dan teknologi canggih untuk mendukung proses pengobatan yang efisien dan efektif,” kata Syahril.

 

Dengan visi sebagai pusat unggulan dalam pengobatan masalah kesehatan tulang dan terkait, Rumah Sakit FOC Fatmawati bertujuan untuk memberikan pelayanan yang komprehensif dan holistik kepada pasien.

“Di sini kami menawarkan berbagai perawatan ortopedi seperti bedah dan fusi tulang, perawatan non bedah, fisioterapi, konseling dan layanan pendukung lainnya,” kata Syahril.

Dengan diluncurkannya FOC, RS Fatmawati berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan ketersediaan layanan kesehatan ortopedi bagi masyarakat.

Veronika, salah satu perawat FOC RS Fatmawati, mengaku memilih RS Fatmawati karena pelayanan dan fasilitasnya yang sangat baik, serta keberadaan dokter ortopedi yang mumpuni di sana.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D