0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

JAKARTA – Indonesia berencana mengakuisisi rudal supersonik BrahMos. Rudal buatan India ini juga digunakan oleh Filipina, sebuah pencapaian besar bagi India dalam hal ekspor pertahanan dan kemitraan strategis di Asia Tenggara.

Baru-baru ini, delegasi tingkat tinggi Indonesia yang dipimpin oleh Mayjen Yunianto dari Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia mengunjungi BrahMos Aerospace untuk menjajaki potensi kerja sama militer.

Army Recognition pada Sabtu (14/9/2024) melaporkan, dalam kunjungan tersebut, CEO dan Managing Director BrahMos Aerospace Atul Dinkar Rane mempresentasikan kemampuan rudal supersonik BrahMos, yang menunjukkan ketertarikan Indonesia terhadap sistem pertahanan canggih tersebut.

Rudal BrahMos, dinamai berdasarkan Sungai Brahmaputra di India dan Sungai Moskow di Rusia, adalah rudal jelajah supersonik yang dikembangkan bersama oleh India dan Rusia. Sistem rudal ini didasarkan pada rudal SS-N-26 (3M55 Oniks/Yakhont/Bastion) Rusia dan dirancang sebagai senjata serba guna yang mampu menghantam sasaran darat dan laut dengan presisi tinggi.

BrahMos Aerospace, didirikan pada tahun 1998, merupakan kolaborasi antara Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India dan Mashinostroyeniye Rusia.

BrahMos PJ-10 terkenal karena kecepatan supersoniknya, yang berkisar antara Mach 2,0 hingga 2,8 tergantung pada ketinggian jelajah. Kecepatan tinggi yang dipadukan dengan teknologi siluman membuat rudal ini sulit dicegat dan meningkatkan daya hancurnya.

Rudal tersebut juga dilengkapi dengan sistem navigasi inersia (INS) untuk sasaran laut dan kombinasi INS dan GPS untuk sasaran darat, dengan sistem radar aktif/pasif sebagai panduan akhir untuk menjamin akurasi yang tinggi.

Versi BrahMos yang berbeda menawarkan jangkauan 300 hingga 500 kilometer tergantung pada platform peluncurannya. Rudal ini dapat diluncurkan dari platform darat, udara, laut, bahkan bawah air. Versi darat dan laut memiliki panjang 8,2 meter, membawa muatan 300 kilogram dan memiliki berat peluncuran 3.000 kilogram.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D