0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan Jakarta International Marathon (Jakim) BTN 2024 merupakan wujud dukungan bank kepada Pemprov DKI dalam mendorong pembangunan perkotaan Jakarta. Mempromosikan wisata olahraga).

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perubahan ekonomi dari ajang olahraga internasional ini terlihat dari banyaknya hotel yang menginap di Jakarta oleh wisatawan olahraga. BTN juga menyampaikan apresiasi atas langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang terus berupaya mewujudkan kota Jakarta menjadi kota internasional.

“Sebagai warga Jakarta, kami berharap Jakarta bisa menjadi kota yang bersih, bebas polusi, dan memiliki indeks kesehatan udara yang sama persis dengan kota-kota lain di dunia, seperti kota-kota lain di dunia yang menjadi tuan rumah ajang balap internasional. Warga Jakarta tetap sehat,” kata Nixon dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (23 Juni 2024).

Nixon berharap BTN dapat terus mendukung ajang tersebut di tahun 2025 yang sejalan dengan tujuan Jakarta menjadi kota wisata olahraga global. Ia berharap jumlah pesertanya bisa melebihi 20.000 tahun depan.

Ia berkata: “Sama seperti London Marathon dan New York Marathon, pesertanya bisa mencapai lebih dari 50.000 orang, dan ratusan ribu orang bisa datang untuk menggerakkan perekonomian selama satu atau dua minggu.”

Nixon mencatat, BTN Jakim 2024 merupakan ajang bergengsi kelas dunia karena diselenggarakan oleh Badan Atletik Dunia World Athletics dan diberi nama World Athletics Tag Road Race.

Nixon mengatakan perseroan bangga dan bersyukur menjadi sponsor utama acara tersebut, menyusul suksesnya penyelenggaraan BTN Run 2023 tahun lalu. Menurutnya, baru kali ini Jakarta menjadi tuan rumah acara terbersih, steril, tertib, dan teratur.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan dan penyelenggaraan acara ini,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, komitmen Pemprov dalam menjaga prinsip sterilitas dan keselamatan selama gelaran Jakim 2024 sudah terbukti. Ia berharap acara Jakim dapat mempertahankan kualitas tersebut di tahun-tahun mendatang.

Diketahui, BTN Jakim 2024 sukses digelar pada Minggu dengan diikuti sekitar 15.000 pelari yang terbagi dalam tiga grup, yakni 1.000 pelari marathon (42km), 4.000 pelari half marathon (21km), dan sekitar 10.300 pelari 10km.

Ajang maraton yang digelar dalam rangka memperingati 497 tahun berdirinya Jakarta ini diawali pukul 04.00 WIB dengan pengibaran bendera di kawasan Monas, dan berakhir di Gelora Bung Karno (GBK). ) Stadion Utama, Snayan.

Mencapai garis finis di dalam Stadion GBK merupakan kali pertama ajang lari diselenggarakan di Jakarta. Hal ini untuk memberikan pengalaman unik dan berbeda kepada peserta.

Kontestan BTN Jakim 2024 memperebutkan total hadiah sebesar Rp3 miliar, termasuk houseprize bagi kontestan yang berhasil memecahkan rekor maraton khususnya Warga Negara Indonesia (WNI).

Pelari Kenya mendominasi kategori marathon putra dan putri di ajang BTN Jakim 2024 dan berikut daftar pemenang kategori marathon:

Pria

Tempat pertama: Geoffrey Kiprotich Birgen (Kenya)

Tempat Kedua: Kiprop Tonui (Kenya)

Tempat ketiga: Bililigign Yimer Ali (Etiopia)

Tempat keempat: Joseph Mwangi Ngare (Kenya)

Tempat Kelima: Kenneth Kiprop Kipkemoi (Kenya)

Perempuan

Tempat pertama: Sheila Jepkosgei Chesang (Kenya)

Tempat Kedua: Careen Cheptoek Mwetich (Kenya)

Tempat ketiga: Shauline Chepkirui Koech (Kenya)

Tempat Keempat: Eunice Nyawira Muchiri (Kenya)

Tempat Kelima: Hellen Nzembi Musyoka (Kenya)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D