0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Gaya hidup sehat dengan olahraga belakangan ini menjadi tren yang sedang berkembang. Meski pandemi Covid-19 telah berakhir, aktivitas fisik seperti lari dan bersepeda terus berlanjut hingga munculnya joki Strava.

Sebuah aplikasi yang biasa digunakan oleh pelari untuk menghitung jarak dan memetakan seseorang yang berlari beserta kecepatan dan panjang lintasan. Layanannya mulai dari download gratis hingga smartwatch hingga bisa disambungkan ke gadget, salah satunya Straw yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

Banyak akun di media sosial seperti X, dulu Twitter, yang menawarkan jasa menjadi joki Strava dengan menambahkan hashtag #jokistrava di unggahannya. Hal itu terungkap pada Kamis (4/7/2024) lewat unggahan akun Instagram Tanah Air.

“Btw aku buka strava jockey ok!!! Tapi abangku yang lari lari bisa menyesuaikan harga berdasarkan kecepatan, km dan jarak! Kalian bisa DM aku,” tulis akun di X.

Akun lain mengatakan “Unlock Strava Jockey, uang tergantung tampilan yang diinginkan” 

Seorang netizen yang melihat banyak joki Strava menawarkan jasa mengatakan, “Joki Strava. Saya baru mengetahui fenomena ini. Saya mendengarnya. Hasil dari permainan ini hanyalah FOMO dan pencarian pengakuan sosial. Permainan yang bagus. Apa yang sedang dilakukan .”

 

Unggahan yang disukai 7.089 pengguna Instagram itu mendapat reaksi beragam dari netizen. Banyak dari mereka yang heran ada orang yang menggunakan joki hanya untuk lari.

“Lari sampai ada yang bilang, kamu lumpuh?” tulis seorang warganet.

“Butuh lebih banyak joki beban hidup?” Yang lain bahkan berventilasi.

“Jokinya sehat dan dapat bayaran,” sahut yang lain.

“Setiap hari jadi berbeda,” sambung warganet.

“Untuk gambarnya dan untuk menarik perhatian yang sedih,” kata salah satu warganet.

“Ngomong-ngomong soal joki, aku ingat Umu mendaftar menjadi wasit MMA saat Thoric berumur 56 hari,” canda warganet.

“Kak, gambarkan cara dia jatuh ke pelukan pria lain,” sambung salah satunya.

“Untuk hidup dan dikenal di media sosial,” sindir salah satu warganet.

“Orang-orang makin aneh, aku di mana,” sahut yang lain.

“Pakai Honda Beat, pelan-pelan,” saran yang lain.

  

Strava adalah aplikasi yang menunjukkan jarak yang telah Anda tempuh dengan berlari, berjalan kaki, atau bersepeda. Semakin jauh, semakin besar kebanggaan yang diciptakan aplikasi tersebut bagi pengguna. Hasil lari atau bersepeda jarang sekali dibagikan ke media sosial sebagai bentuk prestasi.

Mengutip Channel Kesehatan dianrakyat.co.id, menilik unggahan para joki Strava pada Kamis (4/7/2024), salah satunya menonjol yakni unggahan @aukbrey. Akun X mengunggah rincian tuduhan pembajakan tersebut dalam bentuk tangkapan layar percakapan.

“Kalau saya 50 ribu (per km), 50 kali 5, Rp 250. Saya mengambil 3 kursi di ITR 750 sebanyak 3 kali 250. Saya berlari 26 kali dalam satu bulan. 26 kali 750, Rp 19.500.000. “Perbaiki pekerjaan saya dan jalankan sekarang,” baca postingan tersebut.  

Padahal, segudang manfaat kesehatan jika Anda rutin lari pagi. Karena pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas termasuk berolahraga, maka mudah untuk menjadikannya sebagai rutinitas.

 

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan kualitas udara dan oksigen yang baik untuk sistem pernapasan dan organ tubuh lainnya. Jika Anda belum terbiasa berlari di pagi hari, lakukan secara perlahan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari berlari setiap hari.

Meningkatkan kualitas tidur Anda adalah salah satu manfaat lari setiap pagi yang kurang diketahui. Dalam jurnal Vascular Health and Risk Management, peneliti menemukan bahwa olahraga pagi berkontribusi terhadap tidur yang lebih nyenyak dibandingkan olahraga sore dan malam hari.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine edisi 2017 menemukan bahwa olahraga pagi lebih efektif meningkatkan kualitas tidur bagi orang yang sulit tidur. Selain itu, olahraga setiap hari diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun studi kesehatan pembuluh darah dan manajemen risiko menunjukkan bahwa manfaat lari pagi setiap hari bahkan lebih baik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D