0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Kue bolu kukus kerap menjadi pilihan camilan sederhana yang bisa dibuat di rumah. Baik untuk menjamu, melayani tamu atau sebagai ide bisnis.

Ada banyak cara membuat kue kukus, namun biasanya harus menggunakan baking soda dan baking powder. Lalu bagaimana jika rumah Anda tidak memiliki kedua bahan tersebut?

Tetap tenang. Kini Anda bisa membuat kue bolu kukus tanpa menggunakan baking soda atau baking powder. Berikut resepnya yang dihimpun dianrakyat.co.id pada Rabu (31/7/2024) dari berbagai sumber.

Bahan:

– 250 gram tepung terigu rendah protein

– 200 gram gula pasir

– 100ml air

– 50ml susu cair

– 2 butir telur

– 1 sendok teh bubuk vanila

– 1/2 sendok teh SP

– Pewarna makanan atau bubuk daun pandan secukupnya (opsional)

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue bolu yang dikukus sempurna.

1. Campur bahan. Kocok telur, SP dan gula pasir hingga gula larut sempurna. Tambahkan air dan susu, lalu aduk hingga tercampur rata.

2. Campur tepung. Ayak terlebih dahulu tepung terigu, lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga rata. Tambahkan vanilla dan pewarna makanan sesuai selera.

3. Kocok dengan mixer. Jika Anda memiliki mixer, gunakanlah untuk mengaduk adonan hingga mengembang dan berubah warna menjadi putih. Jika tidak, kocok dengan tangan menggunakan mixer listrik, meskipun akan memakan waktu lebih lama.

4. Panaskan kukusan. Panaskan kukusan hingga siap digunakan.

5. Tuang dan kukus. Siapkan loyang atau cup kecil beserta kotak kertasnya. Tuang adonan secukupnya ke dalam loyang atau loyang, lalu masak dengan api kecil selama kurang lebih 15 menit hingga matang.

6. Cara penggunaan: keluarkan kue kukus dari kukusan dan nikmatilah.

Kue bolu kukus ini dibuat tanpa baking soda atau baking powder namun tetap lembut dan kenyal. Sangat praktis dan mudah disiapkan di rumah. Ayo coba sendiri dan nikmati hasilnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D