0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Starlink, penyedia layanan internet satelit milik SpaceX, resmi menunjuk PT Primacom Interbuana (Primacom) sebagai vendor resmi untuk memperluas penetrasi Starlink di Indonesia. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk menghilangkan kesenjangan akses Internet, terutama di daerah terpencil yang sulit mengakses infrastruktur kabel serat optik.

Telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara Primacom dan Starlink Indonesia, dimana Primacom menjadi mitra strategis karena rekam jejaknya dalam menyediakan layanan komunikasi satelit VSAT selama lebih dari 30 tahun. Direktur Utama Primacom, Kiki Harjadi mengatakan, teknologi satelit terbaru berbasis Low Earth Orbit (LEO) milik Starlink akan melengkapi layanan komunikasi satelit Primacom yang sudah ada.

“Teknologi komunikasi satelit terbaru Starlink merupakan sebuah inovasi di industri telekomunikasi. Kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk membantu para pelaku bisnis di seluruh Indonesia, termasuk para pelaku bisnis, mendapatkan koneksi Internet yang berkualitas, sehingga dapat bekerja lebih baik di mana pun mereka berada.” kata Kiki.

Layanan Internet Starlink menggunakan kumpulan satelit LEO yang dekat dengan Bumi, sehingga menyediakan jaringan terstandarisasi dengan latensi lebih rendah dan kinerja lebih hemat biaya. Latensi pada layanan Starlink hanya ±50 milidetik, dibandingkan ±600 milidetik pada antena satelit berbasis orbit geostasioner (GEO).

Menurut Kiki, layanan Starlink akan mendukung program standarisasi komunikasi dan percepatan transformasi digital di Indonesia. “Masyarakat di pedesaan dan terpencil juga berhak atas akses internet yang andal untuk mendukung kegiatan berusaha dan membuka peluang baru tanpa dibatasi oleh kondisi geografis,” ujarnya.

Direktur Pemasaran Primacom, Domy K. Santoso menambahkan, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang komunikasi satelit, Primacom sangat optimis dapat bekerja sama dengan Starlink untuk meningkatkan konektivitas di dalam negeri. Primacom juga mampu menyesuaikan layanan Starlink dengan kebutuhan pelanggan, berupa dedicated internet dan broadband internet, dengan jaminan layanan (SLA) 99% yang lebih hemat biaya.

Layanan Starlink Primacom yang dikenalkan sebagai Prima Star (Starlink for Business) menawarkan kecepatan bandwidth hingga 220 Mbps per terminal, dukungan pelanggan 24 jam, jaminan layanan, dan puluhan titik layanan di berbagai wilayah Indonesia dilengkapi dengan solusi digital Primacom lainnya, seperti sensor pintar, pengawasan cerdas, IoT, infrastruktur serat optik, SD-WAN, cloud dan pusat data.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D